Tanya Dokter

  • Bolehkah konsumsi obat penambah tinggi badan ?

  • dok, bagaimana cara cepat tinggi ? . dn bolehkah mengonsumsi obat peninggi ?

     

    Dwi Dewi Masitoh  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Dwi,

    Berapa usia Anda? Tinggi badan akan terus bertambah dan berhenti ketika lempeng epifisis / lempeng pertumbuhan sudah menutup. Penutupan lempeng pertumbuhan ini bisa dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa bagian tubuh. Pada wanita umumnya akan menutup ketika 16-19 tahun. Dengan demikian jika sudah lebih dari 19 tahun umumnya tinggi wanita akan menetap dan tidak bertambah lagi.

    Selama lempeng pertumbuhan belum menutup, Anda bisa melakukan beberapa tips menambah berat badan berikut ini:

    • Istirahat cukup dan tidur 7-8 jam/hari
    • Jangan begadang
    • Olah raga teratur 3-4x/hari seperti lompat tali, lari, bersepeda, basket, atau sepak bola
    • Konsumsi makanan sehat dan bergizi misalnya susu, bayam, kubis, jamur, brokoli, daging ayam, sapi, ikan, kepiting, labu, dan kacang
    • Hindari merokok, kafein, alkohol, narkoba

    Selain itu sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan yang diklaim mampu menambah tinggi badan tanpa anjuran dokter ya. Apabila hanya berupa multivitamin dan kalsium saja, selama sesuai dengan dosis yang dianjurkan maka boleh dikonsumsi. Pastikan suplemen sudah terdaftar di BPOM dan tidak mengandung obat-obatan berbahaya ya.

    Apabila Anda kesulitan menambah tinggi badan, Anda bisaberkonsultasi engan dokter orthopedi agar bisa dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi lempeng pertumbuhan Anda. Apabila belum menutup dokter bisa memberikan suplemen untuk menunjang pertumbuhan tinggi badan, tetapi apabila sudah menutup bisa saja dilakukan operasi untuk menambah tinggi badan meskipun sangat jarang dilakukan.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Menambah tinggi badan

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y