Tanya Dokter

  • Cara membersihkan botol bayi dengan tepat

  • Dok, gimana caranya membersihkan/mencuci botol susu bayi? Apa bedanya dengan mensterilkan botol susu?

    Halo,

    Terdapat banyak cara yang digunakan untuk membersihkan botol susu bayi. Apabila tidak dibersihkan dapat mengakibatkan tumpukan bekas susu yang menempel pada dinding botol, tumpukan ini merupakan media yang baik bagi kuman untuk berkembang biak, sehingga apabila botol susu tidak dibersihkan dengan baik, rentan untuk memasukkan kuman ke dalam saluran pencernaan, dan dapat menimbulkan penyakit kepada bayi Anda.

    Mencuci botol susu dengan menggunakan sabun adalah tindakan untuk meghilangkan lemak yang menempel, dan mengurangi jumlah kuman sehingga menjadi minimal. Namun pada botol susu yang dicuci dengan menggunakan sabun tidak dapat menghilangkan kuman secara total.

    Berbeda halnya dengan mensterilkan botol susu. Bila dilakukan tindakan ini, bermanfaat untuk menghilangkan kuman yang ada di dalam botol secara total. Tindakan mensterilkan botol susu diperlukan alat khusus.

    Namun saran kami Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini, apabila Anda hanya membersihkan botol susu dengan menggunakan sabun. Kuman yang masih ada dalam botol akan mati dalam saluran pencernaan bayi, akibat zat anti kuman yang terdapat di air liur dan lambung.  Namun pastikan pada saat pembersihan kerak susu yang menempel dibersihkan sebersih mungkin agar tidak menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

    Demikianlah informasi yang dapat kami berikan.

    Berikut kami berikan artikel terkait: cara membersihkan botol susu anak

    Semoga bermanfaat,

    dr. Mira