Tanya Dokter

  • Pengobatan bronkitis

  •  armita123
    Anggota
    Dok, bagaimana kita atau dokter tau seseorg kena bronchitis akut (menular) atau bronchitis kronis (tdk menular?). Saya sdh 5 hari minum analsik tp dada tetap nyeri. Batuk msh sesekali tp jarang sekali. Kapan saya bisa dinyatakan sembuh dari bronchitis dan tdk menulari orang ? Terima kasih
    armita123  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo armita123,

     

    Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada bronkus. Beberapa keluhan akibat terjadinya bronkitis diantaranya :

    • Batuk berdahak
    • Sesak
    • Nyeri pada persendian
    • Rasa lemah atau lemas pada tubuh
    • Demam

     

    Bronkitis umumnya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu bronkitis akut dan kronik. Pada bronkitis akut, biasanya disebabkan karena infeksi dan bersifat menular. Bronkitis akut biasanya sembuh dalam 2 sampai dengan 3 minggu dengan pemberian antibiotik dan biasanya infeksi ini terjadi pada anak-anak. 

     

    Pada bronkitis kronik, peradangan pada bronkus terjadi karena paparan asap rokok yang lama sehingga menyebabkan kerusakan pada bronkus. Bronkitis kronik umumnya tidak menular dan terkena pada orang diatas 40 tahun. Pada bronkitis kronis, juga dapat disertai dengan infeksi yang berulang pada bronkus.

     

    Obat yang anda sebutkan mengandung bahan aktif metampiron. Obat ini digunakan untuk mengurangi rasa nyeri dan mengurangi reaksi peradangan di dalam tubuh, namun penggunaan obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara bebas terutama apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama karena dapat menimbulkan kelainan pada lambung. 

     

    Untuk dinyatakan sembuh dari bronkitis ditentukan berdasarkan keadaan klinis dari pasien sehingga sebaiknya lakukanlah konsultas ke dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap keluhan yang anda alami dengan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan dahak, ataupun pemeriksaan foto Roentgen sehingga dapat diberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab dari keluhan anda.

     

    Beberapa saran yang dapat anda ikuti diantaranya dengan mengurangi mengkonsumsi gorengan dan minuman dingin untuk sementara waktu, hindari penggunaan obat secara bebas tanpa instruksi dari dokter, tidak merokok, menggunakan masker, tidak membuang dahak sembarangan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta beristirahat dengan cukup.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi