Tanya Dokter

  • Cara mengobati bronkitis

  • Pagi dok, saya mau tanya apakah pnyakit bronkitis bisa sembuh total jika sudah kronis.. Udah sering muntah darah, dada juga terasa sakit. Dulu minum teh pahit, ada perubahan dadanya sdikit tidak terasa sakit,, tapi sekarang jika mnum teh sudah tidak ada perubahan sdikit pun. Bagaimana cara mengobatinya?

    Hai, Apakah diagnosa bronkitis kronis ini sudah ditegakkan oleh Dokter? Karena gejala bronkitis kronis biasanya tidak sampai menyebabkan muntah darah, kecuali memang ada masalah di saluran pencernaan atau ada darah yang tertelan akibat batuk darah. Penyakit kronis / menahun umumnya adalah kondisi yang tak bisa dikembalikan lagi (irreversible), sehingga yang terbaik untuk dilakukan adalah mencegah kerusakan lebih lanjut. Kadang memang agak sulit untuk membedakan apakah yang dialami sebetulnya adalah batuk darah atau muntah darah. Batuk darah seyogianya berasal dari saluran nafas dan diakibatkan oleh penyakit saluran nafas; sedangkan muntah darah seyogianya berasal dari saluran cerna. Bagaimanapun, kedua kondisi ini biasanya cukup membahayakan bila tak ditangani. Berikut adalah kondisi lazim yang bisa menyebabkan batuk darah (dan nyeri dada):

    Berikut adalah kondisi lazim yang bisa menyebabkan muntah darah: Anda sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter Anda agar penyebab muntah/batuk darah Anda bisa dicari. Tergantung hasil penggalian riwayat dan pemeriksaan fisik, Anda mungkin memerlukan pemeriksaan yang mengarah ke paru-paru (mis. foto Roentgen dada dan pemeriksaan dahak) atau yang mengarah ke lambung (mis. endoskopi - peneropongan ke dalam lambung). Setelah penyebabnya diketahui, barulah pengobatan yang sesuai bisa diberikan. Berikut tips untuk Anda:
    • Hindari batuk terlalu kencang
    • Hindari makanan asam, pedas, alkohol, kopi dan soda - ini akan meningkatkan asam lambung dan bisa memperberat kondisi yang menyebabkan muntah darah
    • Stop / kurangi merokok
    • Kelola stress dengan baik
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma