Tanya Dokter

  • Mengatasi wajah bruntusan

  • Halo dokter, saya pakai skincare PB skin 2 buln terakhir dan seminggu yg lalu nyoba pake nature aloevera trus beberapa hari ini keluar bruntusan, apakah ga cocok sama skincare nya atau dari nature aloevera ya dok? Mohon pencerahannya ☺

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Bruntusan atau timbulnya jerawat setelah pemakaian kosmetik tertentu merupakan suatu hal yang sering terjadi dan biasanya disebut dengan istilah purging. Purging dapat terjadi sebagai reaksi kulit terhadap benda asing atau alergen yang masuk ke tubuh sehingga menyebabkan :

    • Iritasi kulit
    • Alergi
    • Peradangan kulit atau dermatitis
    • wash out effect akibat penggunaan krim yang mengandung steroid dalam jangka panjang

    Pengobatan terhadap kondisi tsb membutuhkan waktu dan tindakan yang bervariasi tergantung keparahan dan juga penyebab yang mendasarinya. Untuk itu, disarankan agar memeriksakan diri ke dokter kulit terlebih dahulu untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Sementara itu, langkah pertama adalah stop penggunaan krim yang kemungkinan menjadi penyebab. Istirahatkan kulit wajah Anda dari bahan kimia dan kurangi peradangan dengan menggunakan kompres dingin atau masker mentimun.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti