Tanya Dokter

  • Bengkak pada buah zakar

  • hy dok.. Suami saya buah zakarnya bengkak sebelah dan sangat sakit jika di sentuh. Dan sebelumnya dia terkena penyakit spilis apakah ada hubungannya dengan pembengkakan di buah zakarnya? . Buah zakar sering di urut , tp tidak ada perubahan.

    Halo, Gejala skrotum (buah zakar) yang bengkak dan terasa sangat nyeri jika disentuh kemungkinan disebabkan oleh keadaan berikut ini:

    • orkitis, yaitu peradangan pada testis
    • torsio testis yaitu terpuntirnya kumpulan pembuluh darah, saraf yang menuju ke testis, sehingga timbul rasa nyeri sangat hebat pada testis. Keadaan ini merupakan keadaan emergensi.
    • epididimitis, yaitu peradangan pada epididimis, saluran yang terdapat di belakang testis (tempat sperma)
    Riwayat sifilis mungkin dapat berhubungan dengan keluhan suami Anda saat ini, tetapi bisa juga tidak ada kaitannya. Bakteri yang menjadi penyebab sifilis dapat menyebabkan inflamasi pada testis (orkitis) maupun epididimitis (lebih jarang). Sebaiknya suami Anda segera berobat ke dokter spesialis bedah urologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pemeriksaan seperti tes darah, urine dan USG skrotum dapat dilakukan jika ada indikasi. Pengobatan disesuaikan dengan penyebabnya, misalnya antibiotik dosis tinggi  maupun tindakan reposisi/ bedah oleh dokter urolog. Suami Anda dapat konsumsi obat sementara seperti paracetamol dan menaruh kompres es yang dibungkus kain pada daerah yang nyeri untuk membantu mengurangi nyeri. Pastikan juga bahwa pengobatan sifilis sudah tuntas dengan dokter kulit kelamin serta Anda sebagai istrinya telah diperiksa tidak terkena sifilis. Hindari mengurut buah zakar sebelum diketahui dengan jelas penyebab keluhan tersebut. Artikel yang dapat membantu: Nyeri pada testis Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar