Tanya Dokter

  • Buah zakar menurun dan di kantung buah zakar terdapat gumpalan cairan

  • Tapi dok apa penyakit besar sebelah buah zakar, mempengaruhi pertumbuhan badan atau kesuburan yg lain nya? Apa penyakit ini harus di operasi? Soal nya dok buah zakar sebelah kiri saya kadang turun ke bawah dan di kantung buah zakar nya berisikan segupalan cairan, kadang segumpal cairan itu ilang atau kempes tetapi kadang muncul lagi, apa penyakit ini harus di operasi dok?

    Halo M Rangga.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa terabanya gumpalan pada buah zakar, paling sering disebabkan oleh karena hernia skrotalis, yaitu penonjolan di buah zakar yang berisi usus halus atau jaringan di dalam perut.

    Akan tetapi selain oleh karena penyakit yang telah disebutkan diatas, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh :

    • Hidrokel === pembengkakan buah zakar akibat adanya penumpukan cairan.
    • Varikokel === pelebaran pembuluh Vena pada buah zakar, terutama mengenai satu Sisi yaitu sebelah kiri.
    • Orkitis === peradangan pada testis, yang dapat mengenai satu maupun kedua testis.
    • Tumor testis.

     

    Dioperasi atau tidaknya hal ini, maka harus diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka harus dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu kami sangat menyarankan segeralah menemui dokter spesialis bedah umum terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan ( seperti : pemeriksaan fisik khususnya buah zakar, USG khusus buah zakar, dll. ), sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati