Tanya Dokter

  • Testis kanan lebih turun

  •  tedjo
    Anggota

    Selamat sore dok... 2minggu yg lalu mpe skarang Buah zakar yg sebelah kanan saya itu turun dok...tapi gk terasa sakit sama sekali,terus dibuah zakarnya jg gak ada benjolan2 gt,cuma turun aja dok, 3 bulanan yg lalu diselakangan saya terkena penyakit jamur dok,tp sekarang udah sembuh,kan wktu kena jamur kulit iku saya gk pake celana dalam cuma pake boxer aja, Apakah karna gk pake celana dalam itu yg menyebabkan buah zakar saya turun dok,terus bagaimana biar buah zakar saya bisa kembali sperti semula y dok.. Mohon ditanggapi atas keluhan saya dok...terima kasih..

    Halo, Setiap individu tidak selalu memiliki bagian tubuh yang simetris, dan hal ini dapat merupakan hal yang normal. Pada buah zakar (testis), dapat terjadi testis yang satu lebih turun dibanding yang lain. Jika turunnya testis sangat nyata, misalnya lebih dari 50% dibanding sebelahnya, maka Anda dapat berhati-hati. Perhatikan juga apakah terdapat pembengkakan di skrotum (kantung buah zakar). Adanya pembengkakan pada skrotum dapat menimbulkan kesan testis yang satu lebih rendah dari yang lain.  Beberapa kelainan yang umum dijumpai pada skrotum yaitu:

    • undensensus testis, yaitu tidak adanya testis di salah satu sisi skrotum
    • hidrokel, yaitu pembengkakan cairan di skrotum
    • varikokel, yaitu pelebaran pembuluh balik di skrotum
    • hernia skrotalis, yaitu benjolan di skrotum akibatnya turunnya usus
    Penggunaan celana boxer tidak berhubungan dengan masalah testis yang lebih turun. Pada intinya, testis merupakan tempat pembentukan sperma (spermatogenesis). Suhu yang panas dapat mengganggu pembentukan sperma tersebut. Hindari menggunakan celana dalam terlalu ketat dan sebaiknya gunakan yang berbahan katun. Konsultasikan keluhan Anda ke dokter bedah jika gejala bertambah, atau disertai gejala lain seperti bengkak, nyeri di skrotum. Diskusi ini membahas juga mengenai keluhan Anda: Diskusi testis lebih turun Semoga lebih jelas, dr.Miranti Iskandar