Tanya Dokter

  • Buang air kecil bening tapi berbusa

  •  andre8899
    Anggota

    Halo dok,

    Sudah seminggu ini saya buang air kecil bening tapi berbusa. Tidak berbau, tidak ada darah dan tidak ada sakit. Awalnya semenjak minggu lalu saya mulai gym. Kemudian saya mulai mengkonsumsi banyak protein dari daging sapi dan ayam juga dari susu protein. Saya juga gym kurang lebih 3x seminggu. Pada saat hari pertama gym, pelatih saya memberikan sebuah tablet katanya untuk membuang air di dalam tubuh agar berat badan saya cepat turun. Saya meminum tablet itu hanya 1x saja lalu tidak mau minum lagi, karena saya googling2 tentang tablet yg bisa membuang air, kemungkinan itu adalah diuretik dan ditulis mungkin bisa membahayakan ginjal.

    Pertanyaan saya :

    1. apakah air kecil bening tapi berbusa ini masih wajar mengingat saya mengkonsumsi banyak protein dan juga sedang gym?

    2. apakah karena mengkonsonsumsi tablet diuretik 1x saja bisa merusak ginjal saya?

    3. apakah ini kemungkinan proteinuria? jika saya harus memeriksakan diri ke dokter, apakah ke dokter umum atau spesialis tertentu?

    Demikian dok, mohon dapat dijawab. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    Halo Andre8899,
    Keluhan anda yang berupa kencing berbusa sebenarnya dapat merupakan hal wajar dan tidak perlu cemas berlebihan. Tetapi jika kondisi ini menjadi sering,anda wajib waspada. Berikut adalah beberapa  penyebab air kencing yang berbusa:
    1. Kandung kemih penuh air,kemudian menghantam toilet dengan keras sehingga air seni tampak berbusa.
    2. Infeksi saluran kemih
    3. Infeksi ginjal sehingga terjadi gangguan pada filtrasi atau penyaringan.
    4. ejakulasi retrograde
    Mengenai pertanyaan anda,penegakkan diagnosis pada kencing berbusa diperlukan riwayat anda sebelumnya,kemudian tablet apa yang dikonsumsi,serta dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti urinalisa. Pada pertanyaan kedua,jika isi obat yang anda konsumsi adalah benar diuretik,maka tidak disarankan anda mengkonsumsi tanpa pengawasan dokter serta tanpa dosis yang dianjurkan oleh dokter meski pemakaian hanya 1 minggu 1x,karena obat ini digunakan untuk membuang kelebihan air seperti pada kasus pembengkakan kaki karena gangguan fungsi jantung,kemudian juga digunakan untuk menurunkan tekanan daarh tinggi. Jika ingin mendapatkan info lebih lanjut serta mendapatkan penanganan mengenai BAK berbusa anda,anda dapat segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan seperti urinalisa,dan anjuran diet untuk anda. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen