Tanya Dokter

  • Bulu mata masuk ke dalam mata

  •  astita
    Anggota

    Halo dok, saya mau meminta solusi atas keluhan saya dok. Bulu mata saya jatuh ke mata dan tidak dapat diambil, setelah saya kedipkan, bulu mata saya hilang dan masuk di ujung mata. Sekarang rasanya menganjal di ujung mata saya dok. Apakah berbahaya dok? Apa yang harus saya lakukan dok?

    Halo astita, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Bulu mata yang masuk ke dalam mata biasanya akan dapat keluar dengan sendirinya, karena mata terus menerus memproduksi air mata yang akan mendorong bulu mata serta kotoran lain yang masuk ke dalam mata keluar dari mata. Namun bila bulu mata yang masuk ke mata anda tidak keluar dengan sendirinya, sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman, hingga menyebabkan mata teriritasi dan kemerahan, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    1. Cucilah tangan anda hingga bersih sebelum melakukan tindakan-tindakan di bawah ini
    2. Anda dapat mencoba mengambil bulu mata dengan ujung jari anda, pastikan anda dapat melihat secara langsung bulu mata tersebut, gunakan cermin dan pastikan pencahayaan baik sebelum anda melakukannya.
    3. Anda dapat menggeser bulu mata keluar dari mata secara hati-hati dengan menggunakan cotton bud.
    4. Anda dapat melakukan irigasi pada mata, yaitu menyiram mata anda dengan menggunakan air minum yang bersih, dan sambil disiram, cobalah kedip-kedipkan mata anda.
    5. Anda dapat menampung air yang bersih dalam baskom yang cukup besar yang telah dibersihkan dengan baik, mencelupkan wajah anda ke dalam baskom, dan mengedipkan mata anda di dalam air.
    6. Bila bulu mata anda masuk ke dalam kelopak mata, anda dapat mencubit sedikit kelopak mata anda dan mencoba menggeser bulu mata di bawah kelopak mata dengan menggerak-gerakkan kelopak mata anda ke arah bawah.
    7. Anda dapat mencoba untuk tidur. Saat anda tidur, bulu mata dan kotoran yang masuk ke mata akan keluar dengan sendirinya.

    Bila memang bulu mata tidak keluar sendiri dan anda tetap tidak dapat mengeluarkannya dengan cara-cara di atas, anda dapat memeriksakan diri ke dokter mata untuk pengeluaran bulu mata dari dalam mata.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia