Tanya Dokter

  • Penyebab dada terasa sakit

  •  faricha
    Anggota

    Selamat pagi dokter. saya mau konsultasi. begini, kemarin saya angkat jerigen air yang mau saya pindahkan isinya ke ember. pas angkat itu,, diantara dada saya  saya tidak tau itu bunyi tulang / sendi / urat,  tiba tiba berbunyi krek. Sampai hari ini saya masih merasa sakit pada bagian tersebut. sakitnya terjadi timbul hilang, pada bagian posisi tertentu saya merasa sakit dan lainnya tidak. Saya ingin tau ini kenapa? saya belum berani untuk periksa dok saya agak takut untuk pergi ke dokter. Ditunggu jawabannya ya dok :) terima kasih.

    Hai Kemungkinan besar bunyi "krek" atau dalam istilah medis disebut sebagai krepitasi berasal dari sendi atau persambungan antara tulang. Biasanya ini tidak berbahaya namun bila akibat trauma atau peregangan berlebih pada jaringan sekitar seperti ligamen, otot atau adanya peradangan pada sendi dapat menyebabkan nyeri. Yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri, antara lain:

    • Mengompres hangat atau dingin pada daerah yang nyeri tergantung mana yang Anda rasa lebih nyaman
    • Menghindari gerakan, posisi atau mengangkat berat yang dapat memicu nyeri
    • Mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bila tidak ada kontraindikasi.
    Biasanya nyeri hanya berlangsung sekitar 1-2 minggu tergantung berat ringannya penyebab. Bila nyeri berlangsung lama atau semakin memberat sebaiknya Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung sehingga mendapatkan pengobatan yang tepat. Bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperit foto rontgen untuk melihat apakah adanya pergeseran atau patah tulang. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william