Tanya Dokter

  • Cara mengobati buta warna secara tradisional

  •  Zhoel Asnar
    Anggota

    Buta warna yang saya rasakan ini ialah bisa melihat sebagian warna sekitar 50% dan 50%-nya itu saya tidak bisa melihatnya?

    Pertanyaan saya. Bagaimana cara untuk mengobati secara tradisional?

    Halo,   Apa yang Anda maksud adalah buta warna parsial/sebagian? Buta warna merupakan kelainan yang muncul akibat rusaknya sel kerucut yang berfungsi dalam membedakan warna pada retina. Hal ini biasanya terjadi akibat kelainan bawaan dari bayi/genetika. Namun selain genetik ada beberapa penyebab lain buta warna yaitu :

    1. Penyakit sistemik pada mata/retina.
    2. Usia
    3. Efek obat obatan
    4. Terkena / terpapar bahan kimia.
    5. dll.
    Buta warna dibedakan menjadi buta warna total (hanya melihat hitam putih) dan buta warna parsial ( tidak mampu melihat salah satu/2 warna dari 3 warna utama yaitu merah / biru/ hijau). Buta warna tidak bisa disembuhkan baik secara medis maupun tradisional. Namun ada beberapa cara yang dianggap bisa membantu seorang penderita buta warna melihat gradasi warna berdasarkan ukuran kecerahannya dan kemudian membedakan warna tersebut. Cara yang sering dipakai adalah dengan :
    • Penggunaan Kacamata khusus.
    • Penggunaan softlens khusus
    Hubungi dokter mata terdekat untuk mendapatkan info tambahan mengeani terapi buta warna yang bisa sesuai dengan Anda. Baca artikel mengenai Buta warna. Baca topik Buta warna.   Semoga membantu.   dr. Yusi