Tanya Dokter

  • CA 125 kanker payudara

  •  Syaugi Ghanim
    Anggota

    Dok, apa penyebab naiknya kadar CA 125 pada penderita kanker paydara? dan bagaimana cara menormalkan kadar CA 125 yang tinggi? Terimakasih dok.

    Halo Syaugi, CA 125 atau salah satu penanda kanker (tumor marker) adalah protein konsentrasi tinggi yang dihasilkan oleh sel kanker atau sel-sel tubuh sebagai respon terhadap adanya kanker atau kondisi jinak lainnya. Pemeriksaan tumor marker tidak bisa digunakan sebagai deteksi dini pada kanker tanpa adanya riwayat penyakit, pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG, rontgen, CT scan, dll yang dilakukan oleh dokter. Saat ini pemeriksaan penanda tumor sering digunakan untuk menilai kesuksesan terapi kanker dan mendeteksi timbulnya kanker ulangan. Kadar CA 125 yang meningkat atau lebih dari 35 U/ml tidak selalu disebabkan oleh karena kanker/ keganasan, berikut beberapa kondisi yang menyebabkan peningkatan kadar CA 125 antara lain :

    Kadar CA 125 dapat menurun jika penyebabnya telah diketahui dan dilakukan penanganan yang tepat seperti pada penderita kanker yang telah berhasil menjalani pengobatan maka kadar tumor marker nya akan menurun tetapi jika kadarnya meningkat kemungkinan terapi harus diganti. Baca artikel berikut : Mendeteksi kanker sejak dini Semoga membantu, dr. Rievia