Tanya Dokter

  • Penyebab cacar air semakin membesar dan memerah

  • Assalammualaikum dok. Salam sejahtera. Saya mau bertanya mengenai penyakit cacar air, saya terkena cacar air sudah dua hari. Awalnya hanya terdapat beberapa bintik, lalu dihari pertama saya curiga bahwa bintik2 tsb adalah cacar air malam harinya saya langsung ke dokter. Setelah itu saya disuntik, dan diberikan antibiotik, sanmol dan obat alergi. Krn tdk ada larangan, keesokan harinya saya tetap mencuci muka dan menggunakan sabun muka yang biasa saya gunakan. Namun siang hingga sore hari cacar diwajah saya terlihat membesar dan memerah apakah itu reaksi akibat saya mencuci muka?

    Halo, Muhammad Gaffar.

    Cacar air merupakan penyakit infeksi akibat virus cacar varicella-zoster. Infeksi cacar menimbulkan lenting-lenting khas pada kulit penderitanya. Infeksi ini bisa menular, baik melalui kontak langsung dengan cairan lenting yang pecah atau droplet (percikan) bersin/batuk penderita yang terhirup.

    Untuk mencuci muka sendiri, memang hal ini tidak dilarang, karena dinilai dapat mengurangi rasa gatal yang muncul akibat kulit yang kering. Keluarnya bintik pada cacar air dapat berlangsung antara 3-6 hari. Banyak atau sedikitnya keluar bintik pada cacar air ini juga tergantung dengan daya tahan tubuh serta usia penderitanya, di mana pada penderita dengan daya tahan tubuh sedang rendah serta pada orang dewasa biasanya bintik yang timbul cenderung lebih banyak. Jadi hal yang Anda alami ini merupakan hal yang wajar.

    Walaupun cacar air dapat sembuh dengan sendirinya, namun untuk mempercepat proses penyembuhan dokter biasanya memberikan pengobatan dengan obat antivirus, namun pengobatan ini hanya bermanfaat bila diberikan kurang dari 72 jam sejak keluar bintik pertama.

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

    dr Taneya Putri Zahra