Tanya Dokter

  • Cara mengobati cacar air

  • pagi dok , saya mau tanya bagaimana cara mengobati cacar air ? penyakitnya sejak 2 hari yg lalu . padahal saya sudah menjaga kebersihan !

    Hai Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster, dimana penularannya melalui kontak langsung atau percikan melalui bersin, batuk dari seseorang yang terkena cacar air. Tidak ada hubungan antara kebersihan dengan penularan cacar air, penyakit cacar air lebih berhubungan pada daya tahan tubuh dimana pada saat daya tahan tubuh rendah dan belum pernah terkena cacar air maka lebih muda berisiko tertular. Gejalanya antara lain:

    • Demam sekitar 1-2 hari lalu demam turun disusul keluarnya melenting yang bila pecah berisi air
    • Melenting biasanya dimulai pada dada, punggung lalu menyebar pada wajah, tangan dan kaki
    • Melenting dapat disertai gatal ringan.
    Bila terkena cacar air dengan menjaga kebersihan seperti dengan tetap mandi, tidak menggaruk, maka kemungkinan untuk infeksi bakteri pada melenting cacar sangat kecil. Penyakit cacar air pada dewasa umumnya bergejala lebih berat dibandingkan bila terkena saat anak-anak. Cacar air dapat sembuh dengan sendirinya dengan daya tahan tubuh yang kuat tanpa pengobatan apapun, dapat diberikan pengobatan antivirus seperti asiklovir untuk menekan perkembangbiakan virus sehingga meringankan gejala serta mempercepat penyembuhan. Untuk pastinya sebaiknya Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui apakah memang benar cacar air atau bukan. Pada infeksi bakteri kulit dapat muncul melenting besar disertai gatal dan nyeri yang dapat menyerupai cacar air, yang dalam medis disebut sebagai impetigo dimana masyarakat awam sering menyebut sebagai cacar api atau cacar monyet. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Cacar air (Varicella zoster) Impetigo Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william