Tanya Dokter

  • Penularan penyakit cacar air

  • Dok , saya terkena cacar air dan sudah sembuh pada 2 oktober kemarin , dan sekarang teman saya ada yg demam . Mungkinkah itu adalah gejala cacar air yg mungkin tertular dari saya ? Tetapi katanya gejala cacar air muncul 2-3 mgg setelah tertular dan ini sudah 1 bulan lebih . Terimakasih

    Dear Vanness,

    Cacar air merupakan penyakit sistemik akibat virus varicella zoster. Virus ini menular lewat kontak kulit dengan kulit atau melalui droplet saluran napas yang terpercik ketika batuk atau bersin. Cacar air menimbulkan gejala berupa bintil merah berisi cairan yang terasa gatal.

    Bintil ini akan mengering, menjadi koreng lalu mengelupas dalam waktu 1-2 minggu. Penanganan cacar air meliputi pemberian anti demam seperti parasetamol dan lotion calamine untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Hindari menggaruk kulit yang terasa gatal dan jangan memencet bintil yang berisi cairan tersebut.

    Jangka waktu yang diperlukan virus dari pertama kali menginfeksi hingga menimbulkan gejala adalah 14-16 hari. Bisa jadi teman Anda memang terserang enyakit cacar air namun tidak menular dari Anda.

    Segera hubungi dokter jika bintil tersebut menjadi terinfeksi, atau terdapat gejala nyeri dada dan sulit bernapas. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    Tidak ada makanan yang harus dimakan ataupun dipantang. Makanlah makanan yang bernutrisi tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar cacar air cepat teratasi.

    Semoga bermanfaa

    dr. Rony Wijaya