Tanya Dokter

  • gatal cacar air dan air hangat

  •  anonymous
    Anggota

    Dok, saya mau nanya. saya lagi kena cacar air. ktanya mandi air panas bisa menghilangkan gatal?? tapi saat saya lakukan.. bintik2 nya malah semakin banyak dan tambah gatal?

    Hai,   Tidak. Air panas tidak bisa mengurangi rasa gatal, bahkan air panas bisa mengiritasi kulit dan menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Mandi dengan air panas  dan dalam waktu yang lama saat cacar justru akan membuat rasa gatal meningkat dan lenting bertambah. Jika Anda merasa gatal sebaiknya Kompres dengan air dingin bagian yang terasa gatal. Anda diperbolehkan mandi air dingin atau suam kuku (bukan panas) jika rasa gatal terasa menganggu. Selain itu untuk mengurangi rasa gatal Anda bisa melakukan:

    1. Usap bagian yang gatal dengan ringan ( Jangan DIGARUK).
    2. oleskan bedak salisil / losion calamin untuk meredakan gatal.
    3. Hindari makanan pemicu alergi/ alergen jika Anda memiliki alergi.
    4. Minum antihistamin yang beredar di pasaran.
    Cacar air merupakan penyakit infeksi virus  Varicella yang menimbulkan gejala lenting berisi cairan pada tubuh. Selain lenting gejala lain yang bisa timbul adalah :
    1. demam
    2. Pegal linu
    3. Sakit kepala
    4. dll.
    Pada awal perjalanan penyakit (hari pertama lenting timbul) maka lenting akan semakin banyak hingga hari ke lima dan kemudian menyembuh seiring dengan perbaikan daya tahan tubuh. Pengobatan pada varicella adalah dengan menggunakan obat antivirus oral dan topikal disertai obat gejala lain. Obat ini akan memberikan efek yang bagus jika diminum 3 hari pasca lenting pertama muncul sehingga mengurangi banyaknya lenting yang timbul dan mempercepat penyembuhan. Menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat cukup, makan gizi seimbang dan minum air putih yang banyak akan membantu tubuh memerangi virus varicella dan mengurangi rasa tidak nyaman Anda. Anda bisa membaca laman berikut untuk info tambahan. http://www.alodokter.com/cacar-air/pengobatan/   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi