Tanya Dokter

  • Cacar air dan timbul benjolan kecil pada pangkal paha kanan kiri

  • Dok saya mau bertanya usia saya 18 tahun dan saya baru pertama kali terkena cacar air sudah 4hari saya sakit cacar dan hari ini saya merasakan nyeri di pangkal paha keduanya kiri dan kanan seperti ada benjolan kecil namun sakit itu apa ya dok saya tidak pernah punya riwayat penyakit yg serius dan benjolan ini muncul ketika saya terkena cacar air, ini apa ya dok dan cara mengobatinya gimana karena awal saya terkena cacar saya sudah ke doker tetapi belum ada benjolan seperti ini dok tolong solusinya apa saya harus ke dokter lagi

    Hai,

    Nyeri di pangkal paha yang Anda maksud mungkin berkaitan dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan salah satu komponen daya tahan tubuh yang berfungsi sebagai markas sel darah putih. Saat terdapat penyakit infeksi di daerah sekitar, kelenjar bisa membesar sebagai respons perlawanan. Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat disertai dengan nyeri, baik saat diam maupun bergerak. Kelenjar umumnya akan mengecil kembali setelah infeksi penyebabnya telah hilang/diobati, bisa sampai 3-4 minggu lamanya. Salah satu infeksi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening di paha ialah cacar.

    Cacar air merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus cacar. Sebagai penyakit virus, infeksi umumnya bersifat swasirna, artinya sebagian besar akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus, biasanya dalam 1 minggu. Pengobatan anti-virus biasanya diberikan untuk mempersingkat masa sakit dan mencegah terjadinya komplikasi.

    Nyeri di pangkal paha bisa juga berkaitan dengan ketegangan otot, cedera ligamen / tendon (mis. karena regangan terkait olahraga), radang sendi panggul dan gangguan saraf. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah sampai biopsi benjolan (pemeriksaan sampel jaringan) untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sementara waktu, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol jika nyeri amat mengganggu. Benjolan sebaiknya jangan terlalu sering dipegang karena dikhawatirkan dapat membuatnya semakin besar. Istirahat cukup setiap hari dan banyak makan buah dan sayuran untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma