Tanya Dokter

  • cacat pada bayi sejak lahir

  •  Iin Mutiyah
    Anggota

    pagi dok... saya mau bertanya,saya punya adik sekarang dia berumur 3 thn, dia punya sedikit kekurangan, jari-jari tangan sebelah kanan saling berdempetan, kecil, dan berjumlah kurang dari biasanya. ini adalah kasus yang langka di keluarga kami. yang saya mau tanyakan, apa yang bisa menyebabkan seperti itu? apakah nanti juga bisa diturunkan? dan apakah bisa sedikit di perbaiki dgn jalur operasi dok? mohon penjelasan.nya.

    Halo,   Kelainan jari yang Anda sebutkan bisa dikategorikan sebagai sindaktili, dimana terjadi gangguan pemisahan antara kedua jari sehingga membentuk jari angsa/ bebek (webbed finger). Gangguan ini terjadi pada masa kandungan diusia 6-8 minggu kehamilan, dimana saat ini seharusnya kelima jari sudah memisah , namun karena kelainan gen yang terjadi sehingga pemisahan tidak terjadi sampai saat bayi dilahirkan. Kelainan jari ini disebabkan karena :

    1. Genetik = bisa diturunkan.
    2. Obat obatan yang dikonsumsi saat kehamilan muda = tidak diturunkan.
    Penanganan kelainan jari ini dilakukan dengan metode operasi, dimana operasi dilakukan untuk memisahkan kedua jari (atau lebih) sehingga jari jari memisah satu dengan yang lain, kadang akan diperlukan cangkok kulit untuk menutupi bekas sayatan yang dilakukan saat operasi. Namun penanganan tentunya akan disesuaikan dengan kondisi keparahan kelainan jari yang terjadi. Maka itu disarankan untuk memeriksakan kondisi adik Anda ke dokter bedah terdekat. Dokter bedah bisa mengidentifikasi jenis kelainan jari dan menentukan terapi terbaik untuk adik Anda. Baca artikel Sindaktili.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi