Tanya Dokter

  • Tentang cacat septum ventrikel pada bayi

  • Dok, apa sih yg disebut cacat septum ventrikel pada bayi? Trus bagaimna sih yg dimksud dgn pemeriksaan penunjang berupa, EKG , vektorkardiogram, foto thorax, fenokardiogram, sehubngan dengan diagnosa di atas?

    Halo Winda...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Jika yang Anda maksud adalah Defek septum ventrikel atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai Ventricular Septal Defect ( VSD ) merupakan gangguan atau lubang pada septum sekat diantara rongga ventrikel akibat kegagalan penyambungan sekat intraventrikel. Gejala dari penyakit ini diantaranya adalah : bayi bernapas dengan cepat, bayi tidak kuat untuk menyusu, gagal tumbuh kembang, gagal jantung kongestif, infeksi saluran pernapasan berulang. Pemeriksaan penunjang yang biasanya dilakukan adalah :

    • Elektrokardiogram ( EKG ) === pemeriksaan aktivitas listrik jantung
    • Vektorkardiogram === pemeriksaan untuk merekam magnitudo dan arah dari aktivitas listrik yang dihasilkan oleh jantung
    • Foto Rontgen thoraks === pemeriksaan proyeksi radiografi dari organ dalam di dalam dada
    • Fenokardiogram === pemeriksaan bunyi jantung
    Biasanya VSD yang berukuran kecil atau sedang akan menutup secara spontan baik sebagian atau seluruhnya sehingga tidak diperlukan prosedur bedah. Akan tetapi prosedur bedah sering dilakukan jika VSD menyebabkan gagal jantung kongestif atau penyakit pembuluh darah pulmonal. Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : JANTUNG BAYI Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. jati