Tanya Dokter

  • Mengenai cacing pita

  • Selamat malam dok? Saya mau tanya soal cacing pita. Ada pengisi acara seminar yang bilang kalo cacing pita itu membantu proses pencernaan. Menurut dokter apakah pemaparan ini benar? Karna seingat saya waktu SMA cacing pita itu tidak baik untuk kesehatan

    Halo Mariana.........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, cacing pita yang juga dikenal dengan nama Cestodes, tubuhnya bertekstur rata, menyerupai pita, dan memiliki ruas - ruas pada tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa bisa mencapai 9 m. Mengonsumsi makanan atau akhirnya mengandung larva atau telur cacing pita merupakan penyebab terjadinya infeksi cacing pita, oleh karena itu sampai saat ini cacing pita masih dikatakan suatu parasit.

    Telur cacing pita yang masuk ke dalam sistem pencernaan dapat menetas sehingga menyebabkan infeksi usus. Sementara itu, jika telur cacing pita berhasil keluar dari saluran pencernaan, dapat memasuki jaringan tubuh atau organ lain sehingga menyebabkan infeksi yang bersifat invasif.

    Gejala infeksi cacing pita antara lain sakit perut dan terkadang diikuti dengan muntah dan diare. Namun, bisa saja infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala atau disalahartikan sebagai penyakit lain.

    Umumnya pengobatan akibat cacing pita adalah obat oral. Obat ini akan membasmi cacing pita dan akan di keluarkan bersama dengan tinja. Jika cacing pita tergolong besar, kemungkinan penderita mengalami kram perut saat proses tersebut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati