Tanya Dokter

  • Efek samping obat cacingan

  • malam doktet. 6hri yg lalu sya mnum obat combantri.,,kebnyakn org setlh mnum obt combantrin. langsung merasakn diare,sdangkan saya setlh mnum tu obat. mlah kebalikannya,susah BAB,perut jdi mmbuncin,sering kentut dan trkdang mual. apa emng itu juga sebagian dri efek sampingnya mnum obat combantrin?

    Hai Titin,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Combantrin merupakan merk paten untuk obat yang mengandung kandungan zat aktif Pirantel Pamoat. Obat ini berfungsi untuk mengatasi dan mencegah infeksi cacing pada saluran cerna, misalnya cacing, kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Setelah mengkonsumsi Combantrin, kerja syaraf dan otot cacing menjadi terganggu, akibatnya cacing dapat dikeluarkan dengan mudah dari tubuh tanpa menimbulkan gerakan atau rangsang berpindah (migrasi). Combantrin tersedia dalam bentuk tablet dan juga suspensi.

    Meski tidak menunjukkan gejala cacingan yang khas, orang dewasa disarankan mengkonsumsi obat cacing setiap 6 bulan sekali. Selama dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter, maka konsumsi Combantrin sesungguhnya tidak berbahaya. Beberapa kemungkinan efek samping yang mungkin timbul adalah:

    • Gangguan saluran pencernaan, bisa mual, muntah, diare, konstipasi (sembelit) kembung, sering buang angin, sering bersendawa
    • Nyeri kepala, pusing
    • Keringat dingin
    • Alergi, misalnya sesak napas, muncul ruam kulit menyeluruh yang terasa gatal, atau bahkan syok

    Jadi, memang, tidak selalu orang yang mengkonsumsi Combantrin akan mengalami diare, bisa juga Anda mengalami konstipasi, mual, muntah, kembung, atau sering buang angin. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan akan membaik dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 3 hari setelah konsumsi obat dihentikan.

    Apabila keluhan tertap berlanjut hingga lebih dari 3 hari pasca konsumsi obat, sebaiknya Anda memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter ya.. Beberapa kemungkinan lain yang bisa menyebabkan keluhan sebagaimana yang Anda alami adalah gastritis, GERD (gastroesophageal reflux disease), tukak lambung, pankreatitis, kolelitiasis, atau hepatitis. 

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda perbanyak istirahat dan minum air putih. Perhatikan juga pola makan Anda, jangan biasakan terlambat makan, batasi makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak, dan mengandung banyak gas, misalnya kol, sawi, atau umbi-umbian. Aktiflah bergerak dan beraktifitas serta hindari stres yang berlebihan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah