Tanya Dokter

  • keluar cairan seperti ingus disertai darah saat buang air besar

  • dok, saya sedang batuk pilek, namun saat saya buang air besar tiba tiba keluar sebuah cairan seperti ingus dan ada darah-darahnya gitu dok, itu kenapa ya ?

    Hai, Keluar lendir bening dengan jumlah yang sedikit pada saat buang air besar sebenarnya merupakan suatu hal yang normal terjadi. Lendir ini berasal dari dinding usus besar dan berfungsi untuk melumasi dinding usus besar. Namun, jika jumlah lendir yang keluar pada saat buang air besar bertambah banyak dan sering maka dapat dicurigai ada penyebab abnormal yang mendasarinya. Sementara itu, keluar darah pada saat buang air besar dapat disebabkan oleh banyak hal. Darah tersebut dapat berasal dari saluran pencernaan bagian atas bawah. Untuk membedakannya, secara garis besar darah yang berasal dari saluran pencernaan bagian atas seperti lambung akan terlihat berwarna merah tua kehitaman, sementara darah yang berasal dari saluran cerna bagian bawah akan terlihat merah segar dan biasanya menetes. Berikut ini merupakan beberapa penyebab adanya darah pada saat buang air besar :

    1. Gastroenteritis / infeksi usus- biasanya darah dapat disertai lendir, dan dapat disertai diare
    2. Radang pada usus ( http://www.alodokter.com/radang-usus )
    3. Hemorrhoid / wasir - benjolan berisi pembuluh darah pada anus ( http://www.alodokter.com/wasir-hemoroid/ )
    4. Anal fisura - luka pada anus, sering karena buang air besar keras
    5. Angiodisplasia - pembesaran pembuluh darah pada usus besar
    6. Divertikula - adanya kantong kecil pada dinding usus
    7. Kanker pada usus besar (colon) / rectum
    8. dan lainnya
    Untuk mengetahui apa yang menyebabkan keluhan yang Anda alami perlu adanya konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter. Pengobatan yang akan diberikan untuk keluhan tersebut akan berbeda tergantung apa yang menjadi penyebabnya.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Dok saya sakit perut (ingin BAB) setelah makan, pada saat bab keluar cairan seperti ingus yang ada sedikit darah di dalamnya dan juga sedikit darah menetes, gejala apa itu dok ? ;(