Tanya Dokter

  • vagina gatal dan keluar cairan putih

  •  Mia Fajarani
    Anggota

    Dok..kadang vagina gatal lalu keluar cairan putih. sering juga keluar cairan berwarna kekuningan tanpa indikasi. Pernah juga ketika memakai celana terlalu ketat, setelah ny vagina mengeluarkan cairan yg bau dan warna putih pekat . itu kenapa dok? Berbahayakah?

    Hai, Cairan vagina secara normal berfungsi untuk menjaga sistem reproduksi wanita. Cairan vagina akan membawa keluar sel-sel mati dan bakteri, sehingga vagina tetap bersih. Perlu diwaspadai jika terdapat perubahan pada cairan vagina seperti warna, muncul bau, dan gatal. Hal-hal berikut dapat menyebabkan timbulnya cairan vagina yang abnormal:

    Usahakan untuk merawat daerah kewanitaan dengan lebih baik, hindari penggunaan produk pembersih organ intim atau panty liners terlalu sering, tidak mengenakan pakaian dalam terlalu ketat, serta ganti pembalut saat menstruasi tiap beberapa jam sehingga vagina tetap bersih. Jika keluhan masih dirasakan, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti tes darah atau pap smear, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca tentang tanda cairan vagina yang tidak normal.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto