Tanya Dokter

  • Penyebab keluar keputihan berwarna coklat

  •  sarah123
    Anggota
    Slmt mlm dok, sy wanita umur 21 tahun dan masih single. Sy mau tanya dok 3hari lalu sewaktu saya buang air kecil ada daging seperti jelly yg keluar dr vagina saya, warna nya putih susu dan coklat dok, Lalu besok ny daging itu ada lagi dok tapi agak lebih cair , warna ny seperti coklat dan kalau di pegang wrna ny menempel d tngan sperti drah. Skrang lbih berbentuk cairan yg bergerenjel kecil2 dok tp tdk ada rasa sakot atau gatal dan tidak berbau. Sy memang skrng sedang dlm pemulihan sakit campak dan batuk dok, dan kalau batuk bagian di bawah perut saya terasa sangat sakit dok . kira2 itu ada hbngan nya tidak ya dok dgn rasa sakit d bwh perut sy? Dan bahaya tidak dok? Trimakasih dok. Slmt malam

    Hai Sarah123,

    Kondisi yang Anda alami merupakan keputihan yang berwarna coklat, di mana kondisi ini dapat merupakan hal yang normal maupun tidak. Pada kondisi normal keputihan coklat dapat timbul saat wanita mengalami ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur yang menandai masa subur), yaitu terjadi 14 hari sebelum menstruasi yang berikutnya. Selain itu pada saat mengalami kelelahan atau stres seorang wanita dapat pula mengalami keputihan berwarna coklat, di mana kondisi ini merupakan hal yang normal sepanjang tidak disertai dengan gejala lain.

    Namun demikian keputihan coklat dapat pula disebabkan oleh kondisi yang tidak normal seperti:


    Nyeri perut bagian bawah yang Anda alami dapat berkaitan maupun tidak dengan keputihan coklat yang timbul. Nyeri perut yang disertai dengan keputihan coklat dapat timbul pada kondisi medis tertentu seperti ovulasi, PMS, radang panggul ataupun polip rahim. Namun demikian nyeri perut bagian bawah dapat pula timbul akibat penyebab lain di luar sistem reproduksi, misalnya gangguan pada saluran pencernaan ataupun masalah pada sistem saluran kemih.

    Berbahaya atau tidaknya kondisi yang Anda alami tentunya akan sangat tergantung pada penyebabnya. Sebaiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut untuk menelusuri penyebabnya, baik melalui pemeriksaan fisik maupun tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah, tes urine). Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Kenakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketat
    • Mengganti pakaian dalam secara rutin
    • Istirahat yang cukup dan jangan terlalu lelah
    • Menjaga berat badan ideal
    • Perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari
    • Meminimalisir stres


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab keputihan berwarna coklat    
    Sakit perut bagian bawah

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman