Tanya Dokter

  • Cairan di kepala janin dalam kandungan

  •  Rahh Maã
    Anggota

    saya lagi hamil 6bulan dok, dari awal kehamilan saya 4bulan saya coba untuk USG , hasilnya tidak baik dan kata dokter di kepalanya terdapat cairan yang tidak tahu apa penyebabnya , lalu saya di anjurkan minum air kelapa .. Tapi ternyata saya coba untuk periksa lagii di usia kandungan saya 5bulan cairan itu tetap ada , sekarang usia kandungan saya 6bulan saya coba cek lagi kemarin dan hasilnya tetap sama Dok , pertanyaan sayaa bagaimana cara mengatasinya Dok? Dan apakah cairan itu bisa hilangg setelah janin ini lahir dok ? Mohon balasannya .

    Rahh Maã  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Rahh Maa, Penumpukan cairan dalam kepala atau hidrosefalus (hidro = air/ cairan; cephal = kepala) merupakan kelainan pada keseimbangan pembentukan, aliran, dan penyerapan cairan serebrospinal (yaitu cairan dalam sistem saraf pusat) yang menyebabkan penambahan volume yang ditempati cairan ini dalam sistem saraf pusat. Hidrosefalus yang terjadi sejak dalam kandungan atau bayi baru lahir disebut hidrosefalus kongenital. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi selama kehamilan, paling sering akibat infeksi TORCH, yang menyebabkan radang pada jaringan otak yang memproduksi ataupun menyerap cairan serebrospinal. Sangat disarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan diagnosis ini, apakah benar melalui pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan terdapat cairan dalam kepala bayi. Berikut adalah artikel mengenai hidrosefalus dan mengatasi infeksi selama kehamilan. Semoga membantu, dr. Rico Novyanto

    Rahh Maã  Rahh Maã
    Anggota

    Laluu apakaahh penyakiit hidrosefalus kongenital ituu sendiirii dapatt disembuuhkan dok?

    Rahh Maã  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Rahh Maa, Sangat disarankan Anda memeriksakan kembali kondisi janin Anda ke dokter spesialis kandungan sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik kehamilan dan pemeriksaan penunjang (USG janin dan pemeriksaan darah laboratorium dari Ibu untuk memeriksa apakah Ibu terinfeksi selama kehamilan), untuk memastikan : "apakah benar ada cairan dalam otak bayi?" "berapa volumenya?" "apakah sudah dapat dikatakan sebagai hidrosefalus?" Perlu Anda ketahui, cairan serebrospinal itu sendiri secara normal melindungi sistem saraf pusat dengan regulasi tertentu (produksi - absorpsi) sehingga volumenya tidak berlebih. Pengobatan utama hidrosefalus adalah dengan operasi (baca tautan artikel hidrosefalus), tentunya dilakukan setelah bayi lahir dengan prosedur pemeriksaan kondisi fisik bayi terlebih dahulu, pemeriksaan penunjang infeksi yang dialami bayi, dll, sehingga bayi akan mendapat penanganan yang sesuai. Demikian, semoga bermanfaat dr. Rico Novyanto

    Rahh Maã  Rahh Maã
    Anggota

    sebelumnya terima kasih dok ,udah kasih solusi untuk saya .. Oya dok ,setelaahh tindak lanjuut operasii itu berhasil , bagaimana dengan perkembangan anak itu sendiri dok ? Apakah dia aktif atau tidak ya dok ? saya cemas sekali dengan keadaan janin saya ini dok .

    Rahh Maã  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Rahh Maa, Seandainya kondisi anak Anda benar adalah hidrosefalus dan telah berhasil dioperasi, outcome operasi masih sulit ditentukan. Perkembangan anak nantinya (baik motorik kasar, motorik halus, kemampuan berbahasa, dan kemandirian) sangat ditentukan oleh seberapa parah penekanan jaringan otak normal oleh cairan tersebut. Beberapa anjuran selama masa kehamilan ini:

    • istirahat cukup -  seiring dengan besarnya usia kandungan, ibu disarankan tidur miring ke kiri untuk mencegah penekanan pembuluh darah yang menyuplai makanan dan oksigen dari ibu ke bayi.
    • makan makanan yang bergizi
    • pemeriksaan kehamilan setiap bulan ke dokter spesialis kandungan
    • hindari stres atau cemas berlebih
    Demikian, semoga bermanfaat dr. Rico Novyanto

    Rahh Maã  Rahh Maã
    Anggota

    Maaf dok , ada lagi yang mau saya tanyakan .. di usia kandungan saya yg 6 bulan inii kenapa Asi saya udah keluar ya dok ? selainn itu timbul bercak2 merah (gatal2) disekitar lipatan paha saya dok (selangkangan).. Itu disebabkan krna apa ya dok ? Lalu apakah saat masa kehamilan boleh melakukan hubungan suami istri dok ?

    Rahh Maã  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Rahh Maa, Memasuki trimester ketiga kehamilan, sebagian ibu mulai mengeluhkan keluarnya cairan menyerupai ASI (kolustrum/ cairan pre-ASI) dari payudara. Bila cairan pre-ASI banyak dan dirasa mengganggu, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan bantalan  pada bra untuk menyerapnya. Baca artikel hamil 6 bulan dan hamil 7 bulan Mengenai hubungan intim selama masa kehamilan, meskipun pada suatu kehamilan normal umumnya aman, namun sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kandungan yang memeriksa Anda, dikarenakan pada beberapa kondisi kehamilan tertentu yang tidak disarankan untuk berhubungan intim, misalnya :

    • riwayat perdarahan selama kehamilan
    • riwayat kebocoran air ketuban selama kehamilan
    • kondisi leher rahim yang terbuka
    • ari-ari yang menempel pada leher rahim (posisi ari-ari tidak semestinya)
    • dll
    Demikian, semoga membantu ya, dr. Rico Novyanto

    Rahh Maã  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Rahh Maa, Berikut saya sertakan artikel hubungan intim saat hamil semoga bermanfaat\ dr. Rico Novyanto

    Rahh Maã  Rahh Maã
    Anggota

    Hallo Dok , Sayaa mauu tanya , kenapa ya saat selesaii berhubungan intim Miss V sayaa ngerasa perih ? Mohon jawabannya dok ?

    Rahh Maã  novilia
    Anggota

    Mbak rahma Gimana keadaan bayinya? Apakah masih terlihat cairan di kepalanya? Mohon sharing nya mbak,karena saya mengalami hal yang sama