Tanya Dokter

  • Penis mengeluarkan cairan berwarna putih kekuningan dan berbau

  •  ramadhan
    Anggota

    Dok saya mau bertanya Sudah seminggu penis saya tanpa di sadari sering mengeluarkan cairan berwarna putih kekuningan dan berbau. Hal tersebut menunjukan penyakit apa ya dok dan gimana cara menanggulanginya? Seminggu sebelumnya, saya sempat berhubungan intim di vagina dan anus, apakah hal tersebut juga merupakan penyebabnya? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok.

    Hai Ramadhan Dari gejala yang Anda alami serta adanya riwayat hubungan intim, kemungkinan penyebab gejala Anda adalah penyakit gonore. Dimana gejalanya antara lain:

    • Keluar cairan seperti susu dari penis
    • Nyeri saat buang air kecil
    • Nyeri atau tidak enak pada perut bagian bawah.
    Penyakit gonore ditularkan melalui hubungan seksual bebas misal bergonta-ganti pasangan atau berhubungan intim dengan PSK sekitar 5-7 hari sebelum mulai munculnya gejala pertama. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter serta pemeriksaan penunjang bila diperlukan seperti analisa mikrobiologi cairan nanah yang keluar tersebut. Penyakit gonore dapat disembuhkan dengan pengobatan antibiotik yang tepat sesuai anjuran dari dokter. Penyebab lain keluarnya nanah dari penis adalah klamidia, balanitis (infeksi pada kepala penis). Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyakit gonore. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william