Tanya Dokter

  • Cairan kekuningan keluar dari vagina

  •  Shofia Novita
    Anggota
    Selamat malam dok, saya sofia. Setelah saya berhenti menggunakan kb sebulan kemudian saya menstruasi tapi di sertai lendir. Setelah 5 hari, darah saya tdk keluar lagi melainkan cairan kekuningan yg tdk berbau yang keluar. Tp saat itu hanya sedikit. Sampai beberapa hari kemudian saya melakukan hubungan badan dg suami saya dan saat saya berusaha membersihkan sisa-sisa sperma, cairan kekuningan itu muncul kembali. Apa yang terjadi dg saya?

    Halo Shofia, 


    Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Cairan ini berisi sisa-sisa sel mati yang merupakan hasil dari mekanisme alami pembersihan vagina. Cairan ini juga bisa bercampur dengan lendir dari leher rahim (serviks). Biasanya pada masa subur, keputihannya sedikit lebih banyak,  bening atau agak putih dengan konsistensi seperti putih telur (elastis). Perubahan hormonal juga bisa mempengaruhi keputihan. Jika menggunakan KB, biasanya lendirnya lebih kental. 

    Keputihan yang Anda alami bisa saja akibat dari perubahan hormonal karena KB, tetapi jika keputihan sering muncul, jumlahnya banyak hingga membasahi celana, berbau, dan menyebabkan gejala gatal, nyeri pada vagina maupun perut bawah, kemerahan pada vagina, atau gejala lain maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter  untuk ditangani. 

    Keputihan yang tidak normal bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, parasit maupun virus. Dokter akan memeriksa Anda dan menentukan pengobatan yang sesuai. 

    Baca juga: Keputihan

    Salam, 

    dr. Mega