Tanya Dokter

  • Cairan putih keluar dari vagina dan telat menstruasi

  •  Anneiy
    Anggota
    Doc saya mengalami cairan putih keluar dari vagina. tapi sya lewat 3 hari haid.. adakah saya hamil?

    Selamat malam,

    Kehamilan dapat terjadi ketika terjadi pertemuan antara sel sperma sehat dengan sel telur matang dimana jika pertemuan tersebut berhasil terjadi pembuahan, maka terjadilah kehamilan. Hasil pembuahan tersebut akan dibawa ke dalam rahim untuk kemudian menempel pada dinding rahim dan berkembang sesuai dengan usia kehamilan. Sel telur hanya dapat dibuahi saat dilepaskan oleh indung telur atau pada saat ovulasi. Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu sebelum tanggal menstruasi selanjutnya pada wanita dengan siklus menstruasi teratur.

    Pada kasus Anda kemungkinan yang terjadi adalah :

    • Cairan yang keluar merupakan cairan putih bening atau sedikit keputih-putihan, maka hal tersebut merupakan keputihan yang normal terjadi pada wanita.
    • Jika warna putih tersebut berwarna putih susu/putih keabuan disertai rasa gatal di vagina dan berbau tidak sedap, maka hal tersebut kemungkinan merupakan suatu infeksi vagina.

    Untuk ke arah kehamilan hampir tidak mungkin jika memang benar hal tersebut terjadi setelah 3 hari selesai menstruasi. Saran Saya agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut dan lebih lengkap sehingga dapat diketahui secara pasti dan meyakin kan apa yang terjadi pada Anda sehingga dapat diberikan terapi yang sesuai dengan keadaan Anda yang sebenarnya.

    Sekian informasi dari Saya,semoga bermanfaat

    dr.Anthony