Tanya Dokter

  • Cairan putih susu yang keluar sesudah berhubungan intim

  • dok saya ingin bertanya, kenapa ya setiap abis berhubungan dgn suami, saya selalu keluar cairan putih susu gitu, tapi tidak berbau dan gatal. kdg suka beleberan ke kasur atau mr.p suamiku, apakah ini keputihan atau hal yang normal dok?? tolong dijawab ya dok

    Halo,

     

    Cairan yang keluar dari vagina sering dikenal dengan istilah cairan vagina. Cairan ini normal diproduksi untuk melembabkan vagina. Selain itu cairan vagina akan meningkat produksinya pada saat seperti :

    1. menjelang menstruasi.
    2. masa subur.
    3. saat terangsang (hubungan intim)

    Menilik kasus Anda maka ada kemungkinan cairan tersebut adalah cairan vagina yang diproduksi oleh kelenjar di vagina akibat rangsangan seksual saat hubungan intim atau gesekan saat hubungan intim tersebut. Setiap wanita memiliki kondisi berbeda mengenai banyak atau tidaknya cairan ini diproduksi. Jika kondisi ini tidka menganggu  (tidak bau, tidak gatal dll) maka hal ini belum perlu Anda khawatirkan .

    Namun Anda juga bisa memeriksakan kondisi tersebut untuk memastikan bahwa organ intim Anda sehat. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter dan melakukan analisa cairan vagina untuk melihat adakah abnormalitas pada cairan vagina Anda. Dengan demikian Anda bisa mengetahui dan memahami lebih jauh mengenai kondisi ini.

    Keputihan sendiri bisa bersifat fisilogis (normal) atau patologis. Keputihan bersifat patologis jika cairan vagina yang keluar berubah warna menjadi putih susu, hijau atau kuning dan memiliki keluhan berbau tidak enak atau menimbulkan keluhan gatal, terbakar atau panas pada organ intim. Keputihan patologis umumnya akan keluar terus menerus tanpa ada kondisi khusus.

    Sangat disarankan untuk menjaga kebersihan organ intim, gunakan celanam bahan katun dan tidak ketat serta hindari penggunaan pembalut atau bahan lain yang  bisa mengiritasi organ intim Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi