Tanya Dokter

  • Gumpalan berwarna putih pada vagina

  •  godsgirldwi
    Anggota
    Hi, dok. Saya mau tanya. Saya iseng memeriksakan vagina saya sendiri dan saya kaget menemukan bahwa ada gumpalan2 warna putih dibagian vagina openingnya. Saya tidak merasakan sakit ataupun gatal dll. Saya merasa tidak ada masalah tapi bagaimana ya, dok? Apakah itu berbahaya? Terima kasih sebelumnya.

    Hallo 

    Adanya gumpalan warna putih pada alat kelamin wanita, kemungkinan besar adalah keputihan, keputihan sendiri adalah fenomena wajar yang di alami oleh setiap wanita. Vagina akan memproduksi lendir-lendir yang diproduksi oleh kelenjar di dalam vagina dan leher rahim untuk mengangkut sel-sel mati dan juga kuman.

    Lendir keputihan yang normal adalah bening hingga keputih-putihan tanpa adanya disertai bau, rasa gatal, perih, ataupun rasa tidak nyaman pada alat kelamin. Keputihan yang tidak normal akan mempunyai gejala sesuai dengan apa yang menjadi penyebabnya, sebagai contoh keputihan dengan lendir kental putih sangat banyak dengan rasa gatal diakibatkan oleh adanya infeksi jamur, sedangkan apabila berwarna putih hingga ke abu-abuan dan disertai bau amis kemungkinan disebabkan oleh vaginosis bakterialis.

    Selain kondisi keputihan, ada juga kondisi medis lain yang membuat nampak ada gumpalan atau lendir putih di area vagina, seperti penyakit menular seksual gonorea dan juga chlamydia

    Maka itulah perlunya pemeriksaan langsung ke dokter untuk dilakukan wawancara medis yang lebih terarah serta pemeriksaan fisik hingga mungkin akan dipertimbangkan pemeriksaan urin dan pemeriksaan laboratorium dari usapan vagina tersebut untuk menentukan sumber penyebab atas adanya gumpalan putih tersebut.

    Adapun saran untuk Anda supaya kondisi ini tidak semakin bertambah buruk adalah

    • Hindari berhubungan seksual, apabila saat ini Anda sudah pernah berhubungan seksual
    • Perbanyak minum air putih
    • Jangan biasakan menahan-nahan kencing
    • Jangan terlalu sering membersihkan area dalam vagina dengan sabun meskipun itu sabun khusus vagina, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk mencegah terjadinya infeksi. Penggunaan sabun secara berlebihan akan menganggu mekanisme tubuh dalam mencegah infeksi tersebut.


    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold