Tanya Dokter

  • Cairan berbau keluar dari miss V setelah berhubungan intim

  •  Channa Khanna
    Anggota

    Doc , aku mau Tanya nih , bulan lepas aku haid tanggal 24 dan berakhir pd tggl 30 june. Tapi yah pada 1 July masih ada bercak darah yah dikit aja . Dan pada malam 2 Julai aku berhubungan dgn suami , dan selepas seperma masuk ke dlm miss V aku ada cairan keluar yah aku nggak heran sich kerna biasanya mmg ada tapi ini ada beda nya kok baunya menusuk ke dlm hidung ? Aku heran apa cairan itu dari aku atau semperna telah keluar kembali slps masuk ?.mohon penjelasan , apa sempernA gagal berenang menuju dinding rahim aku atau aku harus berjuang bersama suami lagi demi mendapatkan si Buah Hati ? Doc aku mau tanya dalam seminggu sebaiknya berapa kali kami bisa melakukan hubungan intim ? Terima Kasih .

    Hai, Cairan vagina secara normal diproduksi oleh tubuh seperti pada masa ovulasi, sebelum dan sesudah menstruasi, saat mengalami rangsangan, dll. Cairan vagina yang normal adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak disertai rasa gatal atau nyeri. Kondisi pengeluaran cairan vagina yang berbau dapat disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya:

    Penjelasan selengkapnya dapat dibaca pada laman artikel berikut: Pembuahan terjadi saat sel sperma bertemu dengan sel telur. Untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan, Anda perlu mengetahui masa subur Anda. Cara menghitung masa subur dapat dibaca pada laman diskusi berikut: Diskusi masa subur. Tidak ada batasan yang pasti mengenai frekuensi berhubungan intim yang normal dari setiap pasangan. Umumnya frekuensi berhubungan intim yang dianggap cukup adalah 2-3 kali dalam seminggu. Beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Kenakan pakaian dalam dengan bahan lembut dan tidak ketat
    • Ganti pakaian dalam setiap kali terasa lembab/basah
    • Hindari penggunaan pembersih kewanitaan yang terlalu sering, karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan flora normal vagina sehingga rentan terjadi infeksi
    • Biasakan membersihkan vagina dengan arah yang benar, yaitu dari depan ke belakang
    • Bila Anda ingin merencanakan kehamilan, lakukan hubungan intim pada masa subur untuk meningkatkan kemungkinan terjadi pembuahan
    • Berpuasa seks 3 hari sebelum masa subur, tujuannya agar jumlah sperma cukup banyak
    • Pola hidup sehat (tidak merokok dan minum alkohol)
    • Istirahat cukup dan tidur cukup
    • Kelola stres
    Sebelum merencanakan kehamilan sebaiknya segala kemungkinan dan potensi penyakit yang ada ditangani secara tuntas terlebih dahulu agar Anda dapat menjalani masa kehamilan dengan baik. Oleh karena itu jika keluhan yang Anda alami tidak kunjung membaik, disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan panggul, dan jika diperlukan pemeriksaan penunjang seperti USG, tes laboratorium dan lainnya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasari. Berikut laman yang memuat artikel dengan topik terkait: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani

    Channa Khanna  Channa Khanna
    Anggota

    Halo doc aku mau tanya lagi ni , kitaran haid pertama hingga terakhir aku ialah 24.06.15 -01.06.15 (tengah hari )habis tiada darah lagi tapi ada cairan coklat tapi ngak terang . Aman kah aku dan suami melakukan hubungan intim selepas mens walaupun belum masa subur iatu 2. 07.15 _ 03.07.15 aku dan suami berhubungan , tapi sekarang suami ku berpuasa 2 hari udah termasuk hari ini ketiga nya .. esok adalh 14 hari setelah haid pertama apa saat itu aku bisa berjuang bersama suami demi mendapatkan si Buah Hati. Sebenarnya aku ngak ngerti gimana menghitung masa subur ? Terima Kasih .

    Hai, Untuk menghitung masa subur terlebih dahulu Anda perlu mengetahui berapa lama siklus haid Anda. Siklus haid dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya. Disarankan untuk mencatat siklus haid Anda selama minimal 6 bulan, untuk menilai konsistensi siklus haid setiap bulan. Misalnya, Anda haid pada tanggal 1 Juni, kemudian haid berikutnya 1 Juli. Artinya siklus haid Anda adalah 30 hari. Dan seterusnya dicatat selama 6 bulan. Misalkan siklus haid Anda 3o hari dan Anda haid pada 1 Juli. Maka perkiraan haid Anda yang berikutnya adalah pada 31 Juli. Masa subur Anda berada pada 12-16 hari sebelum tanggal 31 Juli, yaitu pada tanggal 15-19 Juli. Berhubungan intim pada masa subur ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Selain melalui perhitungan di atas, masa subur dapat pula ditentukan dengan metode lainnya seperti metode ovutest, metode suhu basal, dan metode lendir vagina. Penjelasan selengkapnya mengenai cara menentukan masa subur dapat Anda baca pada laman diskusi berikut: Diskusi menentukan masa subur. Bila Anda mengalami kesulitan untuk menentukan masa subur, disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter di kota Anda untuk mendiskusikan metode untuk menentukan masa subur yang tepat bagi Anda, serta langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam merencanakan kehamilan. Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman