Tanya Dokter

  • Gejala penyakit campak

  • Nama saya Aisyah umur saya 19 tahun. Waktu bulan februari 2016 saya baru terkena campak. Nah sekarang saya sedang sakit dan gejalanya mirip dengan campak, badan sakit, demam tinggi yg naik turun, sekitar 2 hari yg lalu jika saya melihat maka warnanya seperti kuning, dan cepat lelah. Selain itu saya juga sakit kepala yg pindah-pindah tempatnya 3hari didepan, lalu sekarang disamping, saya juga diare, muntah, bibir pecah2, lidah ada bintik merah. Apakah mungkin itu campak dok ?

    Halo Aisyah, Campak adalah salah satu infeksi virus yang menyebabkan penderitanya mengalami demam disertai dengan munculnya ruam di kulit. Penyakit ini termasuk penyakit menular yang menyebar melalui udara, yaitu dalam percikan cairan yang dikeluarkan saat penderita bersin dan batuk. Selain demam dan ruam, gejala lain yang bisa dialami berupa : mata merah, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, serta muncul bercak putih keabu-abuan di kulit. Umumnya, dengan memperhatikan gejala yang muncul serta pemeriksaan fisik secara langsung, diagnosis campak sudah bisa ditegakkan oleh dokter. Namun sampel liur dapat digunakan sebagai pemeriksaan konfirmasi. Secara umum, seseorang yang telah mendapat vaksinasi campak atau pernah terinfeksi penyakit ini sebelumnya memiliki perlindungan atau kekebalan tubuh seumur hidup terhadap infeksi kedua. Akan tetapi pada mereka yang memiliki mekanisme pertahanan tubuh menurun, masih mungkin ditemukan kekambuhan campak, misalnya pada penderita HIV, pasca transplantasi, pasca kemoterapi, dan sebagainya. Terkait keluhan Anda di atas, selain campak, bisa juga disebabkan oleh infeksi patogen lainnya, misal :

    Untuk memastikan mengenai hal ini, temuilah dokter. Melalui wawancara dan pemeriksaan fisik, dokter bisa menentukan penyebab keluhan yang Anda alami. Bila diperlukan, dokter bisa meminta pemeriksaan konfirmasi melalui sampel darah dan/atau liur. Setelah memastikan penyebabnya, maka dokter akan memutuskan langkah penanganan yang sesuai. Demikian, semoga bermanfaat dr.Lili

    Halo Aisyah, Campak adalah salah satu infeksi virus yang menyebabkan penderitanya mengalami demam disertai dengan munculnya ruam di kulit. Penyakit ini termasuk penyakit menular yang menyebar melalui udara, yaitu dalam percikan cairan yang dikeluarkan saat penderita bersin dan batuk. Selain demam dan ruam, gejala lain yang bisa dialami berupa : mata merah, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, serta muncul bercak putih keabu-abuan di MULUT. Umumnya, dengan memperhatikan gejala yang muncul serta pemeriksaan fisik secara langsung, diagnosis campak sudah bisa ditegakkan oleh dokter. Namun sampel liur dapat digunakan sebagai pemeriksaan konfirmasi. Secara umum, seseorang yang telah mendapat vaksinasi campak atau pernah terinfeksi penyakit ini sebelumnya memiliki perlindungan atau kekebalan tubuh seumur hidup terhadap infeksi kedua. Akan tetapi pada mereka yang memiliki mekanisme pertahanan tubuh menurun, masih mungkin ditemukan kekambuhan campak, misalnya pada penderita HIV, pasca transplantasi, pasca kemoterapi, dan sebagainya. Terkait keluhan Anda di atas, selain campak, bisa juga disebabkan oleh infeksi patogen lainnya, misal :

    Untuk memastikan mengenai hal ini, temuilah dokter. Melalui wawancara dan pemeriksaan fisik, dokter bisa menentukan penyebab keluhan yang Anda alami. Bila diperlukan, dokter bisa meminta pemeriksaan konfirmasi melalui sampel darah dan/atau liur. Setelah memastikan penyebabnya, maka dokter akan memutuskan langkah penanganan yang sesuai. Demikian, semoga bermanfaat dr.Lili