Tanya Dokter

  • Bolehkah mandi saat terkena campak?

  • Dokter, anak saya terkena campak sejak hari selasa dan ruam merahnya baru keluar banyak semalam. Sebelumnya anak saya belum pernah diberikan vaksin campak. Sekarang usianya akan 4 tahun bulan depan. Apa tidak apa tidak vaksin campak, atau nanti harus vaksin setelah sembuh? Cara pengobatan campaknya bagaimana yang baik? dan bolehkan mandi?

    Halo,   Karena anak Anda sedang menderita campak maka pemberian vaksin tidak diperlukan lagi. Normalnya tubuh akan membentuk sendiri antibodi terhadap virus campak begitu penyakit sembuh. Campak adalah infeksi virus. Maka pengobatan terbaik adalah dengan menguatkan imunitas tubuh anak dan memastikan anak dalam kondisi baik baik saja dalam melawan virus dengan memberikan makanan dan minuman serta obat gejal lain agar imunitas tubuh anak mampu melawan virus tersebut tanpa menimbulkan komplikasi. Anak Anda boleh mandi dengan air suam kuku saat kondisi anak Anda tidak demam tinggi dan dalam kondisi fit. Pengobatan campak yang baik sebaiknya meliputi :

    1. Asupan cairan yang baik untuk mencegah dehidrasi.
    2. Makanan gizi seimbang, porsi kecil tapi sering dan bentuk lunak.
    3. Cukup istirahat
    4. Hindari cahaya terlalu terang agar mencegah mata bertambah sakit.
    5. Jika demam berikan obat penurun demam sepertti parasetamol yang aman untuk anak anak.
    6. Waspadai tanda komplikasi serius seperti sulit dibangunkan, kejang, penurunan kesadaran, tidak mau makan dan minum, sakit pada dada terutama saat bernafas dll.
    Segera bawa ke RS jika timbul gejala komplikasi tersebut diatas. Baca topik Mandi saat campak, bolehkan? Semoga bermanfaat.   dr. Yusi