Tanya Dokter

  • Campak atau hanya gondokan?

  •  anonymous
    Anggota

    Dokter yang saya hormati

    Saya irwanto, yang ingin menanyakan penyakit yang di derita anak saya. Anak saya berjenis kelamin perempuan dan saat ini usianya sudah menginjak 7 bulan. Sebelumnya,saya ingin sedikit menceritakan kronologis,yang mungkin bisa membantu. Pada hari ke 4 setelah sempat mengalami demam tinggi, dileher bagian bawah telinga kanan terdapat benjolan yang sedikit keras,dan selalu merasa kesakitan jika dipegang. Selain itu gusi/pipi di sekitarnya juga mengalami pembengkaan. Selama 4 hari mengalami demam anak saya juga kayaknya mengalami ngilu persendiannya,hal itu bisa saya liat dr kebiasaanya yang selalu tengkurap kini hanya tiduran terlentang dan sesekali menangis seolah ada yang dirasa sakit. Pada hari ke 5 ini sudah saya bawa kedokter,dan diberi resep obat pereda nyeri dan anti biotik. Namun setelah saya berikan obat yang disarankan oleh dokter sekarang ini muncul ruam/bercak kemerah merahan di daerah leher dan sebagian kecil di sekitar mulutnya,selain di beberapa anggota tubuhnya yang lain seperti lutut mata kaki persendian tangannya. Bisa dibilang ruam ini sedikit meluas dibanding kemarin yang hanya disekitar benjolan di area lehernya. Selanjutnya, yang ingin saya tanyakan penyakit apa yang sedang diderita anak saya. Menurt dokter yang menangani anak saya hanya diakibatkan oleh bakteri,namun sy takut jika disebabkan oleh virus seperti yang saya baca seperti virus campak. Apakah ada obat yang bisa menyembuhkannya. Apakah bisa berakibat fatal atas penyakit yang dideritanya. Sebelum dan sesudah nya saya mengucapkan terima kasih atas kebersediaan dokter memberikan pengarahannya.

    Halo Pak Irwan,   Mendiagnosa sebuah penyakit membutuhkan penilaian fisik secara langsung apalagi jika keluhan yang dimaksudkan merupakan keluhan kelainan pada kulit yang membutuhkan pemeriksaan bercak tersebut secara langsung. Jadi akan lebih mudah jika Anda mengkonsultasikan secara langsung kepada dokter anak Anda yang memeriksa anak Anda secara langsung. Beberapa kondisi yang menyebabkan keluhan yang timbul seperti pada anak Anda adalah :

    1. Mumps / Gondongan = merupakan infeksi virus, yang menimbulkan gejala timbulnya benjolan pada bawah telinga kanan / kiri atau keduanya , demam, nyeri saat makan terutama makanan asam. Demam akan mereda bersamaan dengan meredanya benjolan pada bawah telinga. Yang khas adalah benjolan tersebut akan mendorong daun telinga anak sehingga tampak daun telinga sedikit naik.
    2. Pembesaran KGB akibat infeksi THT atau gigi di sekitar benjolan. Bisa disertai demam / tidak , benjolan bisa digerakkan.
    3. Erupsi alergi obat = kemerahan akan timbul pada seluruh tubuh disertai demam yang baru timbul setelah bercak timbul, biasa terjadi segera setelah meminum obat, bisa disertai sesak, sulit bernafas, mata merah dll.
    4. Infeksi Virus lain :
    • Rubella = akan timbul bercak kemerahan menyebar pada tubuh, demam, akan timbul benjolan (pembesaran KGB) pada bagian belakang kepala / leher.
    • Campak = demam tinggi dan dikuti bercak kemerahan pada seluruh tubuh, yang khas adalah saat bercak timbul demam akan semakin tinggi dan kemudian mereda bersaman dengan meredanya bercak. Diikuti batuk dan pilek serta mata merah. Pasien akan tampak lemas dan tidak nafsu makan.
    • Roseola = demam yang tinggi pada awal 3 hari kemudian turun seperti normal dan akhirnya timbul bercak kemerahan pada seluruh tubuh tanpa disertai demam. Bercak akan mereda dengan sendirinya setelah 5-7 hari.
    • Kawasaki = bercak timbul pertama kali di area organ intim yang menyebar ke bagian lain dari tubuh. Bisa disertai pembengkakan pada tangan dan kaki. Juga terjadi pembengkakan KGB di area leher.
    • dll.
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari kondisi anak Anda , akan lebih baik jika Anda memeriksakan secara langsung ke dokter yang berkaitan. Jika Anda merasa kurang puas dengan pelayanan 1 dokter Anda bisa mencari opini kedua dari dokter lain secara langsung. Pada dasarnya penanganan infeksi akibat virus adalah dengan memastikan kondisi imunitas/ daya tahan tubuh anak tetap baik dalam melawan virus tersebut dan memberikan obat atas gejala yang dialami pasien. Berikan cukup asupan air minum putih dan makan gizi seimbang, istirahat cukup dan untuk mengurangi demam dan nyeri Anda bisa menggunakan paracetamol. Semoga membantu.   dr. Yusi  

    anonymous  Ilyas Dwi
    Anggota

    Dokter yg saya hormati. Saya mau tanya dok, sudah 2 hri ini pipi dan daerah belakang telinga saya mengalami pembengkakan. Awalnya hanya bengkak kecil di bwah telinga, tapi sekarang membesar. Rasanya nyut-nyutan dan sempat demam tinggi. Sudah saya coba kompres dingin n demam saya sdah membaik, sedangkan bengkaknya masih, bahkan skarang yg kanan ikut nyeri. Apa itu karena saya kecapean atau ada suatu penyakit di tubuh saya? Dan mohon saran penyembuhannya. Terima kasih dok.