Tanya Dokter

  • Pengaruh kanker serviks terhadap janin dalam kandungan

  •  Bunda Saya
    Anggota
    Selamat malm dok,saya sedang mengandung 5bulan. Selama mengandung saya Alami keputihan berupa keluar lendir yg berlrbih. Dan Hari ini saya baru tau kalau ternyata mulut Rahim saya semacam Ada kutil.permukan mulut Rahim saya kasar to seperti dulu.dok apakah penderita cancer serviks bisa melahirkan normal?

    Halo Bunda, terima kasih atas pertanyaannya. Mulut rahim yang berbenjol menandakan adanya displasia pada mulut rahim yang biasanya disebabkan adanya kanker serviks. Kanker serviks merupakan suatu keganasan pada serviks akibat adanya infeksi virus HPV. Infeksi virus HPV ini didapatkan melalui hubungan seksual. Setiap wanita berisiko terkena infeksi HPV namun infeksi HPV lebih banyak terjadi pada wanita yang aktif secara seksual. 

    Kanker rahim pada saat hamil merupakan suatu kondisi yang sangat jarang terjadi. Penanganan kanker biasanya ditunda guna meneruskan kehamilan hingga selesai. Penanganan yang diberikan sementara adalah untuk mengurangi gejala yang timbul. Beberapa literatur ilmiah mengatakan bahwa terminasi atau penghentian kehamilan disarankan terutama pada trimester 1&2 guna sang Ibu sesegera mungkin mendapatkan terapi untuk kanker serviksnya.

    Apabila kehamilan ingin tetap dilanjutkan maka terapi untuk kanker serviks ditunda terlebih dahulu. Kehamilan dapat diteruskan hingga bayi siap dilahirkan dengan proses sectio caesarea. Tindakan sectio caesarea dipilih guna menghindari adanya kontak bayi dengan mulut rahim yang terinfeksi. Setelah bayi lahir, sang Ibu dapat memulai terapi guna menghilangkan sel-sel kanker yang menyerang tubuhnya. 

    Namun, semua harus melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Anda mungkin akan ditangani oleh dokter dari beberapa bidang berbeda. Dokter terlebih dahulu akan menentukan apakah benar displasia / kutil yang muncul pada mulut rahim Anda merupakan suatu kanker. Setelah itu akan ditentukan staging atau stadium berapa kanker tersebut muncul. Staging atau penentuan stadium sangat penting guna memberikan terapi untuk kanker serviks yang terjadi. Sebaiknya segera temui dokter terdekat untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan dengan segera.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa