Tanya Dokter

  • Kuku tidak tumbuh setelah kecelakaan

  •  Novita
    Anggota
    Selamat malam dok, saya kan setahun lalu kecelakaan terus jempol saya ketimpa motor tapi kukunya ga kenapa-kenapa ,selang beberapa minggu kok kuku jempol kaki saya yang ketimpa motor itu ga tumbuh-tumbuh ternyata kukunya udah mati ,dan lepas begitu aja. Beberapa bulan tumbuh lagi kukunya seperti biasa tapi yang pojok kukunya tumbuh kedalem terus rasanya sakit ,nyeri tapi saya biarin , pernah tak rendam air hangat terus tak potong kuku yang nancep itu tapi selang beberapa hari sakit lagi sampe sekarang. Keadaannya udah sampe keluar nanah sekeliling jempol udah biru. Dan kalo kejedot meja apa benda keras tiba tiba keluar darah juga. Terimakasih dok

    Hallo Novita

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Cantengan adalah suatu kondisi dimana sudut ujung jari menjadi bengkak, sakit, dan berwarna kemerahan, akibat adanya pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Akibat perlukaan ini, terjadi gangguan pada saraf di bawah bantalan kuku dan menyebabkan nyeri, terkadang nyeri ini menyebabkan gangguan pergerakan jari kaki. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sisi kuku tumbuh ke dalam kulit, diantaranya akibat penggunaan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi memotong sisi kuku, secara alami memang memiliki kuku yang melengkung ke dalam dan karena cedera. Jika dibiarkan berlanjut, kondisi ini dapat menyebabkan adanya infeksi pada jaringan kulit di sekitar kuku, sehingga selain membengkak, pada daerah kulit sekitar kuku juga bisa terdapat akumulasi nanah. Kondisi ini mirip dengan kondisi yang anda jelaskan, dimana terjadi gangguan pada kuku kaki anda. Anda perlu memahami karena pertumbuhan kuku yang terganggu dan infeksi yang terjadi maka kuku dan jaringan sekitarnya akan mudah mengalami perdarahan.

    Penanganan untuk kondisi cantengan ini di rumah berupa melakukan perawatan pada kuku kaki anda, yaitu dengan merendam kaki anda pada air hangat yang dapat diberikan larutan garam atau cairan antiseptik untuk mengatasi infeksi kuman pada kuku kaki anda. Kaki anda harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah infeksi. Selain itu anda dapat melakukan tindakan seperti memotong kuku kaki yang menancap pada kulit, namun biasanya cukup nyeri dan harus dilakukan secara steril. Karena itu sebaiknya kondisi anda diperiksa oleh dokter. Jika diperlukan, mungkin akan dilakukan prosedur untuk pengangkatan kuku kaki melalui pembedahan, dimana kuku kaki dapat diangkat seluruhnya atau sebagian, berdasarkan pertimbangan dokter. Jika dilakukan pengangkatan kuku kaki, anda tidak perlu khawatir, nantinya kuku kaki anda akan tumbuh kembali setelah beberapa waktu. Jika anda mengalami nyeri, maka anda dapat mengkonsumsi obat anti-nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol, selain itu anda akan biasanya harus mengkonsumsi antibiotik jika terdapat bukti infeksi pada daerah sekitar jempol kaki anda (kemerahan, bengkak, adanya darah atau adanya kumpulan nanah di sekitar kuku).

    Sebaiknya anda menghindari penggunaan kaos kaki atau sepatu yang ketat dan juga menghindari memotong kuku terlalu pendek untuk mencegah terjadinya kondisi cantengan berulang. Pastikan kaki anda mendapatkan perawatan yang sesuai.

    Semoga jawaban ini membantu.

    dr. Aldy Valentino