Tanya Dokter

  • Cara alami mengecilkan betis

  •  Beebee
    Anggota

    Permisi Dok. Saya ingin tanya, jika ukuran betis kiri dan kanan saya tidak sama besarnya. Betis kiri lebih besar dari betis kanan. Bisakah betis kiri saya mengecil seperti semula? Adakah cara untuk mengecilkan betis yang 'gendut' tanpa diet? Karena badan dan lengan saya kurus tapi betis saya besar jadi serasa aneh. Terima kasih banyak sebelumnya Dok.

    Halo,   Betis yang kurang proporsional / lebih besar bisa disebabkan karena :

    1. Genetik = Jika ibu / kakak Anda memiliki betis yang memang lebih besar seperti Anda maka peran genetik sangat berpengaruh kepada bentuk kaki Anda. Paada beberapa orang dengan tendon achiles yang pendek juga memiliki bentuk kaki yang terlihat " besar".
    2. Latihan / cara berjalan = cara berjalan tertentu dan gerakan menjinjit yang sering Anda lakukan bisa membuat bentuk betis Anda menjadi besar. Beberapa jenis latihan yang bisa menyebabkan betis menjadi besar adalah naik turun tangga sambil berlari, berlari cepat dll.
    3. Lemak = lemak yang berlebih bisa membuat betis terlihat besar, dan penurunan berat badan dengan diet biasanya jarang sekali membuat kaki ikut menjadi kecil.
    Untuk mendapatkan bentuk kaki yang lebih ramping Anda bisa melakukan beberapa jenis latihan seperti :
    1. Lakukan lompat squat (squatjump).
    2. Lakukan latihan cardiovaskuler seperti berenang, naik sepeda, lompat tali, berjalan cepat dengan jarak tertentu selama 30 menit.
    3. Hindari latihan yang membuat bentuk kaki membesar seperti naik turun tangga sambul berlari, berlari cepat, berjinjit, menggunakan hak tinggi terus menerus.
    4. Lakukan memegang jari kaki Anda dengan tangan dan tahan selama 8 detik. Ulangi sebanyak 10-15 kali.
    5. Hindari makanan berlemak tinggi.
    6. Berjalan dengan menapakkan seluruh kaki (hindari berjinjit).
    7. Gunakan sepatu dengan sol datar.
    Namun seperti semua olahraga, maka untuk melihat hasil yang nyata akan dibutuhkan waktu yang cukup lama. Konsistensi dan kesabaran bisa membuat Anda mencapai keinginan memiliki bentuk kaki ramping idaman Anda. Selain dengan olahraga diatas maka pengaturan pola makan juga diperlukan. Anda tidak membutuhkan diet ketat yang menguras emosi, namun dengan menghindari makanan berlemak dan mengatur porsi makan menjadi porsi kecil akan membantu Anda mencapai keinginan Anda. Jika Anda merasa ingin lebih cepat mendapatkan bentuk kaki ramping maka Anda dapat menghubungi dokter spesialis bedah plastik untuk melakukan pembentukan kaki (calves reduction). Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Beebee  Beebee
    Anggota

    Terima kasih banyak Dokter infonya. Sangat bermanfaat. Salam.