Tanya Dokter

  • Sex saat masa hamil

  •  Ayue Cutex
    Anggota

    Assalamualaikum,dok sya ayu,saya mau tanya cara melakukan sex yg sehat saat keadaan hamil 7bln itu seperti apa ya?,agar tdk terjdi hal2 yg tdk baik dngan si baby di dlm perut sya.terima ksh.

    Hai Janin sangat terlindung didalam rahim serta air dan selaput ketuban. Berhubungan seksual saat hamil dapat dilakukan dan aman asalkan tidak ada beberapa hal seperti:

    • Adanya riwayat perdarahan berulang
    • Memiliki riwayat persalinan prematur
    • Mengalami kebocoran ketuban, dapat diketahui adanya rembesan air
    • Letak placenta/ari-ari yang tidak menutup jalan lahir, dapat diketahui melalui pemeriksaan USG
    • Adanya riwayat infeksi kelamin baik pada pria atau wanita.
    Posisi berhubungan dengan pria di atas, menjadi posisi yang paling nyaman untuk wanita hamil. Namun di sisi lain, wanita hamil yang terlalu lama berbaring telentang dapat membuat pembuluh darahnya tertekan oleh rahim yang membesar terutama saat kehamilan berusia lebih dari 6 bulan. Sehingga posisi lain yang dianjurkan adalah senggama dari belakang atau samping. Beberapa penelitian mengatakan sebaiknya berhubungan intim dengan menggunakan kondom dikarenakan lebih dapat mencegah infeksi, serta mencegah persalinan prematur karena diduga cairan sperma mengandung prostaglandin yang dapat merangsang terjadi kontraksi rahim. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kebidanan dan kandungan Anda. Informasi lengkap dan diskusi terkait dapat Anda baca pada link berikut ini: Amankan berhubungan seksual saat hamil? Hubungan intim saat hamil, bahaya atau tidak? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william    

    Ayue Cutex  Ayue Cutex
    Anggota

    Terimakash bnyak ya dok atas saran2nya,sangat amat penting wat aq,,