Tanya Dokter

  • cara berhenti dari obat hipertensi

  •  Jg Lee
    Anggota

    selamat malam dok,

    saya mulai pake obat hipertensi dari dokter sudah setengah tahun. obatnya tidak ada merek dan dikasih 30 butir 90rb rupiah buat 1 bulan. tapi saya rutin makan tiap hari setengah saja.

    sebelum mulai berobat, denyut nadi 80an tensi 140+- /100+-, setelah rutin berobat, denyut nadi selalu 60an, tensi 110/70,

    belakangan ini tidur tidak nyenyak, pagi bangun ujung kaki sama tangan mengigil, denyut selalu 60an tensi kadang jatuh sampai 90/60. kalau berhenti makan obat dalam 2 hari tensi naik cepat.

    mau minta saran dokter, bolehkah saya berhenti pake obat ? gimana cara sebaiknya? saya sudah mulai gaya hidup lebih sehat, tidak berlebihan konsumsi garam, gula, lemak hewan, olahraga ringan setengah jam sehari, tidak bergadang dll. saya tinggi 181cm berat 82kg.

    Terima kasih

    Hai Penanganan pada hipertensi tanpa komplikasi dengan tekanan darah antara 120-140/80-90mmHg adalah tidak langsung dengan obat melainkan pertama kali dengan modifikasi pola hidup sehat, seperti:

    • Batasi asupan garam per hari, kurang dari 2400 gram per hari atau secara kasar 1 sendok teh per hari. Jadi dalam makanan sehari bila Anda masak, total sehari maksimal 1 sendok teh.
    • Mengurangi makanan berlemak tinggi seperti daging merah (sapi, kambing), bebek, jerohan, bersantan, gorengan
    • Meningkatkan asupan sayuran berserat dan buah
    • Berolahraga secara teratur rutin, seperti jalan pagi atau senam minimal 30 menit sehari, 3 kali seminggu
    • Menurunkan berat badan bila berlebih, dari tinggi dan berat badan Anda menurut perhitungan BMI (Body mass index) adalah 25.3 dimana sudah termasuk kategori overweight (kelebihan berat badan) sehingga perlu diturunkan berat badan Anda menjadi paling tidak 75 kg.
    • Tidak merokok.
    Bila dengan cara diatas selama 6 bulan tekanan darah tetap tinggi atau justru meningkat maka dipertimbangkan untuk ditambah dengan pemberian obat tekanan darah tinggi untuk mengontrol tekanan darah agar mencapai target normal yaitu 120/80mmHg. Satu yang patut diketahui, hipertensi tidak dapat sembuh namun hanya dapat dikontrol baik dengan pola hidup sehat, obat-obatan atau dengan keduanya. Informasi mengenai topik di atas dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Makanan penakluk tekanan darah tinggi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Jg Lee  Jg Lee
    Anggota

    Terima kasih dok. Saya sudah terlanjur setengah tahun. Bolehkah Saya berhenti sekarang Dan mulai awasin tensi sekarang?