Tanya Dokter

  • Cara membersihkan botol susu anak

  •  Sekartaji
    Anggota
    Dok, saya udah 2x beli botol susu.. tp slalu berbau.. padahal saya udah ikuti cara membersihkn botol sesuai petunjuk. Apa yg salah y dok?

    Dear Sekartaji,

    Salah satu cara yang penting untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan buah hati adalah dengan memastikan peralatan makan dan minumnya bersih dan bebas dari bakteri dan mikroorganisme lainnya, di mana salah satu peralatan yang paling penting adalah botol susu.

    Selain di cuci dengan menggunakan sabun khusus yang aman untuk bayi, botol susu harus disterilkan setidaknya satu kali setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menceah pertumbuhan mikroorganisme berbahaya, tidak hanya jamur, namun juga bakteri, virus, dan sebagainya. Kurang bersih saat membersihkan botol dapat menyebabkan botol menjadi berubah warna dan juga munculnya bau tidak sedap pada botol.

    Untuk sterilisasi sendiri, Anda dapat melakukan cara seperti di bawah ini:

    • rebus botol di dalam air bersih yang mendidih selama 5 hingga 15 menit
    • sterilisasi botol menggunakan alat sterilisator khusus, baik dengan listrik, microwave atau cukup dengan rebusan air mendidih

    Namun untuk botol plastik yang mengandung bisphenol A (BPA), proses sterilisasi yang disarankan adalah dengan menggunakan microwave dari pada dalam air mendidih karena botol plastik jenis ini dapat melepaskan bahan kimia berbahaya jika dipanaskan, yang kemudian dapat larut dalam susu.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra