Tanya Dokter

  • Metode pemeriksaan penyakit meniere

  •  Rita K. Djung
    Anggota
    Halo Dokter, Mohon informasi nya untuk mengetahui volume tekanan endolimfe pada penyakit meniere. Tes apakah yang dapat dilakukan selain CT scan dan MRI. Apakah tes timpanometri dapat mengetahui tekanan dan volume endolimfe pada telinga dalam? Terima kasih sebelumnya.

    Halo Rita,

    Meniere merupakan penyakit atau gangguan pada telinga bagian dalam, dengan gejala umum berupa vertigo, telinga berdenging, kehilangan kemampuan mendengar, sensasi penuh atau tekanan pada telinga. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, diduga kelainan pada cairan endolimfe. Timpanometri berfungsi untuk mengukur reaksi gendang telinga terhadap perubahan tekanan udara, pemeriksaan ini tidak lazim dilakukan untuk menegakkan diagnosis penyakit meniere ataupun menilai cairan endolimfe. Karena cairan endolimfe termasuk bagian dari telinga dalam, maka pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk mendiagnosis penyakit meniere adalah rangkaian pemeriksaan yang menilai fungsi dari telinga dalam, yaitu:

    • Videonystamography (VNG), untuk menilai apakah terdapat pergerakan bola mata yang tidak terkendali (nistagmus)
    • Electrocochleography (ECoG)
    • Tes darah atau MRI

    Diskusikan dengan Dokter Spesialis THT mengenai keluhan, sehingga Dokter dapat menentukan pemeriksaan yang tepat serta memberikan solusi yang tepat.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Annes