Tanya Dokter

  • Cara diet yang baik dan benar

  •  Annisa A
    Anggota

    Halo dok, salah satu cara diet itu kan mengurangi asupan karbohidrat dan olahraga yang cukup (3-5 kali perminggu), tapi setelah saya mencoba melakukannya secara normal, saya malah sering mengalami sakit kepala di bagian kanan, kiri, dan belakang secara bergantian juga kelelahan belebih. dan saya tidak memiliki penyakit berat apapun. saya bingung kenapa ini terjadi, dan apa yang terjadi kepada kesehatan saya? apakah ada solusinya? sekian trmksh.

    Halo Annisa........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa perubahan pola makan secara mendadak untuk menurunkan berat badan secara cepat berisiko membuat Anda mengalami gangguan kesehatan. 

    Penurunan berat badan yang direkomendasikan adalah setangah hingga satu kilogram per minggunya. Setengah kilogram lemak mengandung sekitar 3.500 kalori, jadi Anda perlu membakar setidaknya 500 kalori perharinya.

    Risiko diet yang berlebihan / cepat diantaranya adalah : tubuh lemas dan mudah lelah, kekurangan nutrisi, berat badan yang cepat naik kembali, rusaknya jaringan otot, sakit kepala, sembelit, rambut rontok, menstruasi yang tidak teratur, batu empedu, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh, dll.

    Cobalah tips - tips umum diet sehat berikut ini : tentukan target - target kecil dan sederhana tiap minggunya ( misal : minggu ini Anda tidak makan gorengan === jika berhasil, lanjutkanlah minggu depannya ), aktif bergerak / olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, kurangi makanan kemasan, pilih makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus, perbanyak buah dan sayur, pilih sumber karbohidrat yang sehat ( misal : beras merah, kentang, dll. ), jangan lewatkan makan utama, minum air putih minimal 2 liter perhari.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    CARA MENURUNKAN BERAT BADAN YANG REALISTIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati