Tanya Dokter

  • Cara konsumsi pil kb yang benar

  •  Syifa1113
    Anggota
    Siang dok, Saya baru saja menikah dan berencana untuk menunda kehamilan. Saya sedang tidak dalam masa menstruasi, dan saya ingin mengkonsumsi pil kb untuk mencegah kehamilan. Bagaimana urutannya dalam mengkonsumsi pil kb? Terima kasih
    Syifa1113  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Syifa,

    Pil KB adalah alat kontrasepsi hormonal yang efektof mencegah kehamilan selama digunakan secara tepat dan sesuai anjuran. Untuk mulai minum pil KB sebaiknya saat menstruasi karena ketika menstruasi, Anda dipastikan tidak sedang hamil, dan juga diharapkan setelah menstruasi selesai pil KB sudah efektif mencegah kehamilan.

    Namun demikian jika Anda tidak sedang menstruasi, Anda tetap boleh minum pil KB, tapi pastikan Anda tidak sedang hamil dulu, misalnya dengan testpack. Anda bisa mulai mengkonsumsi pil KB sesuai dengan hari yang tertera pada kemasan pil KB. Urutannya sesuai dengan tanda panah di kemasan ya. Apabila Anda mengkonsumsi pil KB 28 tablet (21 pil hormon dan 7 pil plasebo), Anda bisa mulai minum dari pil hormonnya dan teruskan konsumsi pil KB tanpa jeda. Jika Anda minum pil KB sediaan 21 tablet, setelah pil habis, beri jeda 7 hari sebelum melanjutkan minum pil KB lagi ya.

    Selain itu, selama 5-7 hari pertama konsumsi pil KB, sebaiknya Anda dan suami tetap menggunakan alat kontrasepsi tambahan misalnya kondom untuk mencegah kehamilan. Setelah 7 hari umumnya efektifitas pil KB sudah baik, sehingga Anda dan suami bisa berhubungan tanpa kondom kembali. Apabila Anda masih bingung, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter, bidan, atau apoteker terdekat ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Pil KB

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y