Tanya Dokter

  • Cara melahirkan normal tanpa rasa sakit

  • Dok saya mau tanya .. bagaiman cara nya melahirkan secara normal & cepat tnpa rasa sakit .. Mohon di bantu dok

    Halo,   Untuk mengurangi nyeri dan memudahkan persalinan maka Anda bisa melakukan beberapa tindakan sebelum persalinan seperti :

    1. Senam hamil untuk meregangkan dan melemaskan otot panggul dan vagina saat proses persalinan.
    2. Olah pernafasan untuk memperkuat kekuatan dorongan saat persalinan.
    3. Membaca buku mengenai persalinan agar mengetahui proses persalinan nantinya dan mengetahui cara mengatasi kesulitan saat persalinan sehingga Anda tidak panik yan gbisa memperburuk dan mempersulit persalinan normal.
    4. Mempersiapkan diri lahir dan batin menghadapi proses persalinan.
    Sementara mengurangi nyeri saat bersalin bisa dilakukan dengan cara :
    1. Memijat di bagian punggung bawah atau sekitar bahu.
    2. Atur nafas
    3. Cari posisi yang nyaman untuk Anda dan bayi.
    4. Memilih proses melahirkan di air (waterbirth)
    5. didampingi oleh suami / ibu.
    6. Melakukan tindakan medis seperti pemberian anestesi regional / lokal, menghirup gas entonox untuk menenangkan, atau memberikan obat tertentu (petidin/diamorfin) untuk mengurangi nyeri.
    Baca artikel Mengurangi nyeri tanpa suntik dan Mengurangi nyeri persalinan secara medis Melahirkan adalah suatu proses yang berbeda pada setiap orang, dan pastinya dalam setiap proses melahirkan akan diikuti oleh rasa nyeri saat persalinan normal. Ukuran waktu (cepat atau lama) dalam persalinan normal tidaklah sama pada setiap wanita yang bersalin. Hal ini akan dipengaruhi oleh kekuatan kontraksi rahim dan kekuatan mendorong ibu saat pembukaan vagina telah sempurna untuk proses kelahiran bayi. Baca artikel 3 tahapan melahirkan. Jadi kecepatan proses persalinan akan ditentukan oleh ibu dan kondisi panggul ibu serta kondisi bayi. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi