Tanya Dokter

  • Lutut bengkak setelah lepas jahitan

  •  Inid24
    Anggota
    Selamat malam dok,sebelumnya terima kasih untuk balasan pertanyaan pertama Saya. Saya mengalami patah tulang (fraktus patella) Saya ingin bertanya lagi, setelah lepas jahitan kenapa di lutut saya masih bengkak dan kira2 bagaimana cara agar cepat kempes, sementara saya browsing2 bisa dgn mengompres dgn air hangat+garam.saya pijat bgian paha- kaki bawah ( tapi tidak dibagian lutut) 2.apa cara tersebut juga bisa melemaskan otot&syaraf agar segera bisa menekuk, sedangkan dari dokter ortho disarankan untuk segera banyak bergerak- belajar menekuk agar otot tidak kaku 3. Kapan sebaiknya saya bisa lepas dr kruk/tongkat, sedangkan untuk berdiri menapak kaki di bag lutut masih sakit,takutnya untuk berjalan menapak belum diperbolehkan Terima kasih sebelumnya

    Halo Inid24, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Bengkak pada bagian yang baru dioperasi merupakan hal yang normal terjadi. Bengkak yang muncul merupakan salah satu manifestasi dari peradangan yang terjadi karena patah tulang serta operasi yang dilakukan. Peradangan sendiri sebenarnya merupakan salah satu proses yang membantu penyembuhan jaringan yang rusak. Untuk dapat mengurangi bengkak yang terjadi paska operasi, anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

    1. Angkat kaki anda lebih tinggi dari jantung saat anda duduk atau berbaring. Lakukan ini setidaknya 4 kali sehari.
    2. Kompres es pada bagian yang bengkak untuk membantu mengurangi bengkak serta mengurangi rasa nyeri. Kompres dilakukan setiap 3-4 jam selama 2-3 hari. Setelahnya, anda dapat melanjutkan dengan memberikan kompres hangat pada daerah lutut untuk membantu melancarkan peredaran darah ke daerah lutut dan membantu kesembuhan fraktur.
    3. Meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter anda. Obat-obatan tersebut biasanya terdiri dari obat antiradang yang dapat membantu mengurangi nyeri dan bengkak.

     

    Untuk dapat menghindari kekakuan pada sendi paska operasi, anda memang harus menjalankan anjuran dari dokter ortopedi anda. Anda memang disarankan untuk melakukan latihan menggerakkan lutut untuk menjaga agar sendi lutut tidak kaku. Latihan ini juga dapat mempercepat kesembuhan fraktur serta mencegah terjadinya penggumpalan darah di kaki. Biasanya 1 minggu setelah operasi anda sudah diperbolehkan untuk berjalan dengan menggunakan tongkat, namun tetap jangan menumpu sepenuhnya pada kaki yang baru dioperasi. Paska operasi juga biasanya anda akan dipertemukan dengan fisioterapis untuk membantu anda melakukan latihan-latihan tertentu yang dapat ditoleransi oleh kaki anda untuk mencegah kekakuan sendi ini. Bila anda belum dirujuk untuk bertemu dengan fisioterapis, anda dapat memintanya pada dokter anda.

     

    Tergantung kepada beratnya fraktur yang anda alami serta kecepatan penyembuhan tulang anda, biasanya tongkat dapat dilepas sekitar 6 minggu setelah operasi. Setelah melepas tongkat anda tetap dianjurkan untuk bertemu dengan fisioterapis untuk latihan pergerakan dan latihan berjalan. Sebaiknya jangan melepas tongkat sebelum dokter anda menginstruksikannya.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia