Tanya Dokter

  • Solusi atasi bayi tidak mau minum ASI

  •  Winda Sofi
    Anggota
    hallo dok, saya ada problem sedikit tentang memberikan asi. sudah hampir smnggu saya tak memberikan asi karna ada suatu masalah yg saya alami. apakah masih bisa memberikan asi kembali dok. krena saya coba bayi saya terasa tak enak meminumnya dy menolak dan sedikit enek dok. bagaimana solusi terbaikny dok agar bs kembali memberikan asi , dan si bayi tidak merasa mual.

    Halo Winda Sofi, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Air susu ibu merupakan sumber makanan yang terbaik bagi bayi, dan setiap ibu memang disarankan untuk memberikan ASI bagi bayinya terutama pada 6 bulan pertama. Namun ada banyak kendala yang mungkin dihadapi oleh ibu yang hendak menyusui bayinya, diantaranya adalah bayi yang tidak mau menyusu.

    Terdapat beberapa alasan bayi tidak mau menyusu atau minum ASI:

    1. Suplai ASI hanya sedikit, sehingga bayi kurang puas saat minum
    2. Bayi mengalami kesulitan untuk latch on atau menempel pada puting misalnya karena puting yang masuk ke dalam atau puting terlalu besar untuk mulut bayi atau bayi mengalami bingung puting karena terbiasa menggunakan dot atau pacifier
    3. Rasa ASI yang asin akibat mastitis atau penyumbatan pada saluran keluar susu yang dialami ibunya
    4. Nyeri pada mulut bayi misalnya karena terdapat sariawan atau infeksi jamur di mulut bayi
    5. Terdapat masalah pada rongga mulut bayi seperti tongue tie dan lip tie (frenulum lidah dan frenulum bibir yang posisinya terlalu ke depan)
    6. Bayi mengalami kaku pada satu sisi lehernya atau tortikolis
    7. Bayi mengalami infeksi telinga
    8. Bayi sedang teething
    9. Bayi terusik oleh suara atau interupsi saat menyusu

     

    Beberapa hal yang dapat anda coba lakukan untuk membuat bayi mau menyusu kembali antara lain:

    1. Tawarkan untuk menyusu dari payudara sebelum memberikan botol atau susu formula, ajari bayi untuk latch on (perlekatan ke payudara) yang benar, lakukan ini maksimal 10 menit, hentikan bila bayi sudah menunjukkan tanda-tanda marah (cara perlekatan akan dijelaskan di bawah)
    2. Usahakan berikan minum pada bayi sebelum bayi merasa benar-benar lapar
    3. Cobalah posisi menyusui yang berbeda-beda
    4. Cobalah menyusui sambil menimang bayi
    5. Jangan memaksa untuk menempelkan kepala bayi ke payudara bila bayi menolak, bila bayi melepas payudara yang satu, cobalah berikan payudara yang lain dan begitu seterusnya.
    6. Berikan lebih banyak waktu untuk kontak kulit ke kulit (skin to skin contact) untuk membuat bayi merasa nyaman berada di dekat payudara ibu, lepaskan baju ibu dan baju bayi saat hendak menyusui
    7. Gunakan pelindung puting (nipple shield) untuk membantu transisi dari botol ke payudara

     

    Bila bayi anda tetap tidak mau menyusu langsung setelah menggunakan cara-cara di atas, anda perlu memastikan produksi ASI anda tidak berkurang dengan cara selalu memompa dan mengosongkan payudara.  Anda tetap dapat memberikan ASI perah (ASIP) bila bayi anda tidak mau menyusu langsung. 

     

    Berikut ini adalah tanda latch on (perlekatan) yang benar :

    1. Posisi wajah bayi harus menghadap ke payudara
    2. Mulut bayi terbuka lebar saat menyusu, bibir atas dan bawah bayi tertekuk ke luar seperti sedang cemberut
    3. Bukan hanya puting susu yang harus masuk ke mulut bayi, tetapi juga areola (area kehitaman di sekitar puting susu)

     

    Bila anda merasa perlekatan mulut bayi ke payudara salah, berikut ini adalah cara memperbaiki posisi perlekatan bayi :

    1. Rangsang bibir bayi anda agar terbuka lebar dengan menggesekkan puting pada bibir bayi
    2. Segera dekatkan kepala bayi ke payudara anda saat mulutnya terbuka lebar dan masukkan seluruh puting dan areola (area hitam di sekitar puting) ke dalam mulut bayi
    3. Bila bayi tidak membuka mulut cukup lebar, jangan langsung mencabut payudara dari mulut, tapi lepaskan dulu perlekatan dengan cara memasukkan jari kelingking anda di antara bibir dan payudara, baru lepaskan, lalu coba lagi dari langkah nomor 1

     

    Bila semua langkah di atas tidak juga dapat membuat bayi anda mau menyusu dari anda, anda dapat mencoba untuk berkonsultasi dengan konsultan laktasi. Konsultan ASI dapat memeriksa kondisi payudara anda dan memeriksa bila terdapat kelainan pada mulut bayi anda seperti tongue tie dan lip tie atau infeksi pada mulut bayi yang dapat menyebabkan bayi anda tidak mau menyusu langsung serta dapat memberikan solusi yang terbaik bagi anda maupun bayi anda. 

     

    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

     dr. Irna Cecilia