Tanya Dokter

  • Cara memberikan ASI yang baik

  •  Lily
    Anggota
    Dok saya lily mw bertanya saat ini saya sedang memberikan ASI kepada anak prtma saya,sya mau tanya dok brpa x dlm sehari bayi harus menyusu dan brpa lama dia menyusu supaya tidak terlalu kekenyangan,saya pernah menyusui bayi saya gk tau knp dia muntah apa itu krna dia kekenyangan atau gmna dok,trus saya mw bertanya dok menu makanan apa saja yg sehat untuk ibu menyusui,dan makanan apa saja yg tidak di anjurkan untk ibu menyusui mohon jawabanya,, Terimakasih

    Halo Lily

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    ASI (Air Susu Ibu) merupakan asupan yang paling baik bagi bayi baru lahir hingga bayi berumur 6 bulan. ASI mempunyai manfaat yang baik bagi bayi antara lain dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi, berat badan bayi ideal, memiliki hubungan emosional antara Ibu dan Bayi, mempunyai tulang yang kuat dan lain-lain. Pemberian ASI dari bulan pertama dan bulan selanjutnya mempunyai frekuensi yang berbeda-beda. Pada bulan pertama frekuensi pemberian ASI 8-12 kali perhari dan setelah itu frekuensinya 7-9 kali perhari selama 20 menit. Dengan jarak 1.5 jam sampai maksimal 4 jam. Umumnya bayi yang sedang menyusui ASI akan berhenti dengan sendirinya apabila bayi sudah kenyang. Berbeda ketika Ibu memberikan susu formula, bayi tidak bisa mengontrol banyaknya susu yang diminum sehingga bisa saja terjadi muntah.

    Umumnya pada usia 4-5 bulan, bayi masih akan mengalami muntah setelah minum ASI. Bayi setelah minum ASI sering muntah bisa saja karena salah posisi saat pemberian ASI dan tidak menyendawakan. Saat menyusui sebaiknya posisi kepala bayi tegak, menyendawakan bayi setelah menyusui, pastikan pakaian atau popok bayi tidak terlalu ketat, tidak menggoyangkan bayi setelah minum ASI dan apabila tidur posisikan kepala bayi agak tinggi. Pastikan ketika bayi muntah tidak ada gejala lain yang menyertainya seperti diare, demam, perut kembung, tidak mau menyusui dan ubun-ubun cekung. Jika terdapat gejala demikian segera bawa anak Ibu ke dokter.

    Pada umumnya makanan yang mengandung kacang-kacangan, sayur, buah, telur, ikan, daging, gandum utuh, nasi dan susu boleh dikonsumsi. Yang tidak boleh dikonsumsi adalah makanan yang mentah dan tidak dicuci dengan bersih serta tidak boleh mengonsumsi alkohol, jamu dan ikan yang terpapar merkuri. Serta jangan lupa tetap mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air minimal 1.5-2 L perhari.

    Berikut ini terdapat artikel yang membahas makanan yang sehat untuk Ibu menyusui dan makanan pelancar ASI

    Semoga Bermanfaat, dr. Asri