Tanya Dokter

  • Cara menurunkan berat badan

  • selamat pagi dok, saya sangat terobsesi supaya berat badan saya turun seperti dulu, sampai saya mencoba berbagai hal dengan cuma mkan nasi putih disiang hari sedangkan pagi dan malam saya selalu mkan quaker oats, tpi saya sangat lemas dan tidak bertenaga akhirnya saya berenti dan mkan seperti biasa, dan saya mencoba lgi dengan cara berpuasa dan berbuka saya cuman memakan nasi putih stngah porsi dri yg saya makan dan saya mengalami hal yg sama seperti pusing dan saya frustasi, meluapkan dengan memakan apa saja, dan saya mencoba cara lain seperti meminum obat pelangsing botanical gold, saya percaya supaya bnyak yg bilang dia mampu menurunkan berat badan sampai 10 kg dalam sebulan ternyata dalam dua hari saya jdi lemes dan detak jantung saya berdetak cepat dan mengalami pusing dan akhirnya saya berenti. menurut dokter cara untuk memotivasi saya supaya saya bisa menurunkan berat badan dan tidak putus asa?? apakah berpuasa daud (sekarang puasa besok tidak sampai seterusnya) bisa membantu saya supaya bisa menurunkan berat badan?? terima kasih ya dok sblumnya dan tolong dibalas

    Halo, Menurunkan berat badan memang memerlukan niat, motivasi, serta target yang realistis. Pertama Anda perlu mengetahui Indeks Massa Tubuh (IMT) tubuh Anda. Pada artikel terebut dapat dibaca cara menghitung IMT, dari situ Anda bisa mengetahui berat badan yang ideal untuk tubuh Anda. Kemudian perlu diketahui bahwa menurunkan berat badan yang sehat adalah sekitar o,5 kg sampai 1,2 kg per minggu. Jadi bila anda ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kg diperlukan waktu kurang lebih 10 minggu. Sehingga Anda tahu bahwa menurunkan berat badan perlu waktu dan tidak bisa dilakukan instan. Kemudian untuk menurunkan berat badan maka kalori yang dipakai oleh tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang masuk ke tubuh. Artinya, aktivitas Anda harus lebih banyak daripada kalori yang Anda makan. Kebutuhan kalori sehari-hari pada orang yang tidak beraktifitas berat adalah sekitar 1500-1800 kalori per hari. Jika Anda bisa mengatur asupan kalori tidak berlebih, ditambah melakukan olahraga (misalnya mengeluarkan 200 kalori per hari), maka dalam satu minggu tentu akan terjadi penurunan berat badan. Jadi untuk menurunkan berat badan bukan berarti Anda harus kelaparan. Caranya adalah mengganti makanan dengan makanan yang rendah kalori. Cara paling mudah adalah dengan sama sekali tidak makan makanan manis seperti cemilan, kue, coklat, serta minuman ringan karena gula memiliki kalori yang cukup tinggi. Kemudian hindari makanan berlemak, mulai dengan mengganti makanan yang digoreng dengan makanan yang direbus. Pemilihan karbohidrat diganti menjadi yang rendah gula, misalnya nasi putih diganti dengan nasi merah, kentang, atau umbi-umbian.  Jika Anda lapar diantara jam makan, cari camilan yang rendah kalori misalnya buah-buahan. Untuk menghitung jumlah kalori yang Anda makan pada jaman teknologi seperti sekarang sangat mudah dilakukan dengan mesin pencari, dengan menulis kata kunci misalnya kalori bayam Anda dapat mengetahui berapa kalori yang Anda makan. Begitu juga untuk mengetahui berapa kalori yang Anda bakar saat berolahraga. Pada saat awal, sangat penting untuk melakukan olahraga. Tidak perlu muluk-muluk untuk olahraga berat. Disarankan untuk melakukan aktifitas fisik 30 menit setiap harinya. Berikan target dan jadwal pada diri Anda. Misalnya jalan pagi tiga kali seminggu, tingkatkan latihan seiring berjalan waktu misalnya jalan pagi 30 menit diselingi lari 5 menit, begitu seterusnya hingga anda dapat berlari 30 menit. Di hari lain lakukan olahraga lain agar Anda tidak bosan, yoga, pilates, bersepeda, berenang, angkat beban, senam, atau apa saja yang membuat Anda bergerak. Selingi dengan kegiatan yang berkelompok seperti misalnya olahraga permainan, sepak bola, bola basket, voli, atau yang lainnya. Seperti menghitung kalori, cara latihan juga sangat banyak tersedia di internet, Anda dapat mengikuti intruksi senam di situs yang memainkan video secara gratis. Atau mencari gerakan dari situs pencari. Di luar itu semua jaga agar gaya hidup Anda tetap sehat. Hindari rokok , alkohol, serta narkoba, istirahat yang cukup, serta kelola stres. Semoga berhasil, terimakasih

    apakah obat yg bermerk botanical gold benar" menurunkan berat badan saya dok?? dan cara mengelola stress saya supaya saya tidak berenti ditengah jalan setelah berdiet dok?? terima kasih