Tanya Dokter

  • Mengatasi kepribadian mudah marah

  •  farhani
    Anggota

    hello dok saya punya teman yang terlalu sensitif. kerjanya selalu marah. dia terkadang tidak tentu hala. marahnya bisa membunuh jika tidak dikawal sebaiknya. apa ada cara  yang bisa merawatnya. dia pernah sesekali hendak membaling kerusi pada guruku. apa kaitannya dengan psikologi. koknya dia ade penyakit apa?dia bisa bergelak tawa dengan temannya tapi seorang teman pun tidak bisa ketawa bersamanya. terlalu baran orangnya. dia genius tapi keye gitu. adakah dia psikopat?

    Hai Farhani. Kondisi yang dialami oleh teman anda dapat disebabkan oleh 

    1. adanya gangguan kepribadian 

    2. gangguan pengendalian emosi 

    3. stres 

    4. depresi 

    Kondisi teman anda ini apalagi sampai membahayakan orang lain, perlu dikonsultasikan dengan psikiater ataupun psikolog. Hal ini penting karena ketika seseorang sudah tidak dapat mengendalikan emosinya dan membahayakan orang lain, maka ada resiko hal yang tidak diinginkan. Hal yang dialami teman anda sendiri mungkin memang memiliki pemicunya seperti trauma di masa lalu. Hal yang anda dapat lakukan terutama jika anda adalah teman baiknya adalah mencoba menjadi pendengar yang baik ketika teman anda membutuhkan anda untuk bercerita dan berikan kemungkinan saran untuk mengunjungi psikolog atau psikiater. Jika memang anda takut dia emosi dan membahayakan diri anda, coba ajak seseorang saat anda bersamanya.

    Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter spesialis kejiwaan (psikiater) ataupun psikolog. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa